Zenius: Pembelajaran Aktif dan Belajar Ulang 20 Menit Kunci Lulus UTBK

Senin, 25 Januari 2021 - 12:35 WIB
loading...
Zenius: Pembelajaran Aktif dan Belajar Ulang 20 Menit Kunci Lulus UTBK
Zenius menemukan bahwa siswa yang menerapkan metode belajar selama kurang lebih 20 menit selama dua kali sehari selama tiga kali seminggu, memiliki peluang lebih besar untuk lolos UTBK. Foto: dok Zenius.
A A A
JAKARTA - Startup teknologi Zenius menemukan bahwa siswa yang menerapkan prinsip pembelajaran aktif dan metode belajar ‘spaced repetition’ atau pengulangan berjarak memiliki peluang lebih besar untuk lulus UTBK.

Fakta tersebut terungkap dari hasil survei perilaku belajar lebih dari 15.000 pengguna yang dinyatakan lulus UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) pada Juli 2020.



Secara umum, UTBK menguji keterampilan kognitif, penalaran kuantitatif, dan keterampilan berpikir kritis siswa.

Artinya, pemahaman konseptual yang mendalam akan memainkan peran yang lebih besar dalam menentukan keberhasilan siswa daripada hafalan.

Meski demikian, banyak siswa di Indonesia memiliki tantangan dalam menaklukkan UTBK dan mengembangkan penguasaan mata pelajaran secara mendalam.

Mengapa? Sebab sebagian besar dari mereka masih menggunakan metode belajar pasif,. Kebanyakan siswa hanya duduk dan mendengarkan pelajaran.

Nah, siswa yang berhasil lulus UTBK cenderung melangkah lebih jauh dengan aktif melakukan sesuatu seperti berdiskusi dengan teman dari pada hanya membaca buku atau menghafal pelajaran. Ini adalah prinsip utama yang digunakan dalam pembelajaran aktif.

Pembelajaran aktif mengacu pada metode pembelajaran yang berfokus pada pengembangan keterampilan siswa melalui interaksi dan eksplorasi materi pembelajaran yang lebih tinggi.

Siswa yang secara efektif menerapkan metode pembelajaran aktif biasanya akan belajar dengan melakukan latihan, diskusi terbuka, mengajarkan teman-temannya, atau lebih kompleks lagi, mempelajari studi kasus.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2311 seconds (0.1#10.140)