4 Smartphone Snapdragon 888 Penantang Berat Xiaomi Mi 11

Senin, 28 Desember 2020 - 10:00 WIB
loading...
4 Smartphone Snapdragon 888 Penantang Berat Xiaomi Mi 11
Hari ini Xiaomi dijadwalkan merilis smartphone unggulannya, Mi 11 Series. Ke depan, Xiaomi Mi 11 akan banyak diteror oleh ponsel berbasis SD888 lainnya. Foto/Ist
A A A
BEIJING - Hari ini adalah hari besar bagi Xiaomi . Ya, pabrikan Senin ini akan meluncurkan ponsel flagship barunya, Xiaomi Mi 11 Series .

Penuh percaya diri karena dibekali chipset bertenaga Snapdragon 888 , Xiaomi dilarang berpuas diri. Sebab ada 4 (empat) smartphone China lainnya yang siap bertarung dengan Mi 11 karena dibekali SoC yang sama. (Baca juga: Bocoran Kotak Kemasan Xiaomi Mi 11 Beredar Ungkap Penjualan Minus Charger )

Bagi Xiaomi, 2020 adalah tahun yang spesial. Perusahaan berhasil memasuki pasar unggulan untuk pertama kalinya. Banyak orang yang mengenali seri Xiaomi Mi 10 sebagai ponsel flagship dengan harga yang lumayan terjangkau.

Xiaomi kini siap menghadapi tantangan tahun baru. Belum lama ini, Qualcomm secara resmi merilis chip 5nm andalannya yang terbaru -Snapdragon 888. Selanjutnya, Xiaomi mengumumkan bahwa seri Xiaomi Mi 11 akan menjadi seri pertama di dunia yang menggunakan chip ini.

Namun, smartphone Snapdragon 888 akan berlimpah di 2021. Seri Xiaomi Mi 11 bukan satu-satunya flagship Android di 2021 yang menggunakan chip ini. Meski seri Xiaomi Mi 11 akan memiliki periode eksklusif Snapdragon 888, pabrikan lain juga akan meluncurkan ponsel baru dengan chip yang sama pada kuartal pertama tahun depan.

Tentunya, ponsel-ponsel tersebut akan bersaing head-to-head dengan seri Xiaomi Mi 11. Lalu model apa saja yang bakal menjegalnya? Berikut ini 4 (empat) smartphone berbasis Snapdragon yag sipa melumat Mi 11:

Realme Race
Merek yang sedang melesat, realme sepertinya sudah membuat janji dengan Xiaomi. Di hari yang sama dengan pengumuman resmi Xiaomi, Realme juga akan mengungkap informasi rilis tentang ponsel andalan barunya dengan Snapdragon 888.
4 Smartphone Snapdragon 888 Penantang Berat Xiaomi Mi 11

Menurut pengamat yang dekat dengan pabrikan, Xu Qi, pengumuman realme datang dua menit setelah pengumuman Xiaomi. Tentu saja, ini bukan kebetulan yang sederhana. Anda bisa mencium asap persaingan antara kedua pabrikan di seluruh layar.

Baik itu Xiaomi Mi 11 atau realme Race, mereka semua adalah ponsel andalan baru dengan Snapdragon 888. Langkah ini berarti bahwa dua ponsel andalan baru akan berhadapan langsung.

Meskipun Xu Qi tidak mengungkapkan lebih banyak informasi tentang mesin baru itu, ada banyak berita di Internet. Dari yang kita ketahui selama ini, realme Race akan menggunakan desain elemen splicing yang mirip dengan OnePlus Concept One.

Logo merek Realme akan berada di kanan atas sedangkan kiri atas menampung solusi matriks tiga kamera. Menurut laporan, kamera utama perangkat ini adalah 64 MP.

Selain itu, publik seluler berharap realme Race tiba dengan daya super-flash 125W. Selain itu, smartphone juga akan meluncurkan versi kustomisasi mendalam merek bersama ACG.

Dari segi desainnya saja, realme Race versi kulit polos sepertinya memadukan desain klasik Oppo dan OnePlus, seperti kulit polos seri Oppo Find X2 dan desain elemen splicing pada ponsel konsep OnePlus. Bagaimanapun, mereka semua adalah keluarga dan serupa.

Honor V40
Menurut laporan terbaru, seri Honor V40 mungkin hadir dengan tingkat sampling sentuh layar 300Hz. Ini melebihi 270Hz yang merupakan tertinggi saat ini untuk smartphone China.
4 Smartphone Snapdragon 888 Penantang Berat Xiaomi Mi 11

Tampilan awal perangkat menunjukkan bahwa handphone hadir dengan desain layar air terjun berlubang ganda hiperboloid. Modul kamera di bagian belakang badan ponsel mengadopsi desain melingkar mirip dial mekanis.

Inspirasi desain berasal dari pelat jam empat mata klasik terkenal dan lampu kilat ada di tengah keempat lensa. Di sisi kiri modul kamera, kita bisa melihat tulisan "Matrix Camera Asphlens"

Menurut sertifikasi 3C, Honor V40 (YOK-AN10) akan menggunakan adaptor pengisian daya 66W. Handphone juga mendukung pengisian cepat nirkabel 45W.

Masih belum jelas prosesor apa yang akan digunakan Honor V40. Namun, terdapat indikasi kuat bahwa salah satu seri Honor V40 akan menggunakan SoC Snapdragon 888.

Ada juga laporan bahwa karena Honor sekarang independen dan tidak akan menggunakan chip Kirin, unit juga dapat menambahkan Dimensity 1000+ ke rantai pasokannya. Jika Honor hanya menggunakan Dimensity 1000+ untuk ponsel ini, maka akan berada di bawah seri Xiaomi Mi 11. Namun, mengingat kinerja Honor di pasar Cina, ini akan membuat Xiaomi mendapatkan keuntungan besar.

Oppo Find X3 series
Oppo adalah pabrikan lain yang pasti akan menggunakan Snapdragon 888. Perusahaan akan menggunakan chip andalan baru ini untuk seri OPPO Find X3 mendatang. Menurut Oppo, flagship ini akan resmi di kuartal pertama tahun ini.
4 Smartphone Snapdragon 888 Penantang Berat Xiaomi Mi 11

Laporan terbaru menunjukkan bahwa seri Find X3 akan hadir dengan layar 6,7 inci 3K QHD yang mendukung kecepatan refresh 120Hz. Layar ini juga mendukung kecepatan refresh adaptif dan kedalaman warna 10bit. Dalam hal kamera, modul kamera matriks belakang seri Find X3 memiliki kamera utama ganda terintegrasi dan lensa bantu biasa. Ini menggunakan sensor gambar Sony IMX766 50 megapiksel yang sama dengan Oppo Reno 5 Pro +.

Selain itu, versi standar seri Find X3 akan menggunakan baterai 4.500 mAh. Sedangkan versi Pro akan mendukung pengisian cepat berkabel 125W dan pengisian cepat nirkabel 65W. Perlu disebutkan bahwa pengisian nirkabel seri Find X3 mendukung protokol WLC. Teknologi ini dapat mengisi daya perangkat yang tidak mendukung pengisian nirkabel tetapi memiliki NFC. Namun, daya pengisian sangat rendah.

Bocoran terbaru menunjukkan bagian depan Find X3 Pro konsisten dengan Find X2 Pro. Bagian belakang memiliki solusi empat kamera. Tampilan modul kamera agak mirip dengan iPhone 12 Pro. Ini memiliki desain persegi bundar tetapi pengaturan lensanya justru sebaliknya.

Dilihat dari parameter di atas kertasnya saja, perangkat keras OPPO Find X3 series sudah sangat memadai. Ini jelas akan memiliki tantangan langsung dengan seri Xiaomi Mi 11.

iQOO 7 Series
Dalam beberapa tahun terakhir, iQOO telah merebut hati banyak pengguna dengan konfigurasi ultra-tinggi dan efektivitas harga. Pada 19 Desember, akun Weibo resmi iQOO mengumumkan bahwa mereka akan merilis seri iQOO 7 terbarunya pada bulan Januari tahun depan.
4 Smartphone Snapdragon 888 Penantang Berat Xiaomi Mi 11

Menariknya, seri iQOO7 akan bekerja sama dengan BMW untuk meluncurkan model yang sangat disesuaikan. Produk ini diekspos di final musim gugur KPL. Kita dapat melihat bahwa keseluruhan desain ID perangkat ke arah vivo X60, yang semakin melemahkan elemen esports.

Dari video siaran langsung Weibo, iQOO7 menggunakan layar lurus fleksibel Samsung AMOLED, mendukung kecepatan refresh 120Hz dan kecepatan sampling sentuh 240Hz. Menurut render terbaru, iQOO7 hadir dengan desain lubang tengah.

Meski masih belum jelas apa model kamera utama iQOO7, ada laporan bahwa itu mungkin sensor gambar IMX598 dengan kamera utama outsole 48 MP. Selain itu, perangkat ini juga akan mendukung pengisian cepat berkabel 120W.

Di bawah layarnya, smartphone memiliki Snapdragon 888. Performa seri iQOO 7 di China tidak bisa dianggap remeh. Oleh karena itu, mungkin menjadi salah satu pesaing utama dari seri Xiaomi 11.

Kesimpulan
Laman Giz China menyebutkan, terlepas dari eksklusivitas Snapdragon 888 ke seri Xiaomi Mi 11, jelas mereka akan menghadapi persaingan berat. Setelah periode eksklusif, tidak kurang dari dua smartphone Snapdragon 888 akan menggebrak pasar.
4 Smartphone Snapdragon 888 Penantang Berat Xiaomi Mi 11

Namun, itu akan bermuara pada "apa yang ditawarkan ponsel". Seri Xiaomi Mi 11 sudah dirugikan dengan menghapus pengisi daya. Namun, pabrikan mengklaim akan ada peningkatan pada layar, baterai, pengisian daya, kamera, dan perangkat lunak. Apakah ini akan cukup bagi seri Mi 11 untuk merebut pasar masih harus dilihat lagi.

Untuk konsumen, jangan grasa-grusu menjatuhkan pilihan. Sebab, di Januari juga akan ada Samsung Galaxy S21 Series yang siap membawa Snapdragon 888. Meskipun di banyak wilayah, ponsel tak membawa chipset Qualcomm, SoC flagship unggulan internal Samsung kali ini dinilai lebih kuat dibanding SD888. (Baca juga: Demi Keselamatan, Warga Jakarta Diimbau Rayakan Tahun Baru di Rumah )
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1441 seconds (0.1#10.140)