Jago TIK, Unpad, UMN, dan ITB Juara Huawei ICT Competition 2020

Senin, 21 Desember 2020 - 19:53 WIB
loading...
A A A
Nizam, menyampaikan, saat ini Industri 4.0 menuntut seluruh pihak untuk terbuka terhadap dunia digital, dan pendidikan menjadi jembatan utama dalam membuka wawasan dunia digital kepada masyarakat luas. “Saat ini semuanya menjadi smart, smart office, smart rules, smart campus, smart transportation, dan smart business. Hal tersebut membutuhkan kecakapan di bidang intelligence,” papar Nizam.

Nizam menilai peran Huawei Indonesia dalam turut mengembangkan kompetensi SDM di bidang teknologi digital, terutama kecerdasan artifisial (AI), Network dan Cloud, sangat relevan dengan tingginya kebutuhan para pemangku kepentingan. Baik sektor industri, dunia pendidikan tinggi maupun pemerintah akan SDM bidang TIK yang berkualitas.

"Penguasaan teknologi digital ialah kompetensi-kompetensi baru yang dibutuhkan oleh industri untuk beradaptasi dengan berbagai dinamika di era baru. Sekaligus membangun dunia yang serba-terkoneksi, cerdas dan berdaya-saing tinggi di kancah global," katanya.

Pada kesempatan yang sama Prof Reini Wirahadikusumah, Rektor ITB, merasa bangga atas penghargaan Excellent Huawei ICT Academy 2020, “Penghargaan ini sebagai wujud dari kerja keras para tim dosen dan mahasiswa ITB yang telah berjuang dan berperan aktif dalam berbagai kegiatan terkait Huawei ICT Academy di ITB di tahun 2020 di tengah pandemik COVID-19," papar Reini.

Beragam prestasi yang ditorehkan tim ITB dalam ajang Huawei ICT Competition 2019-2020, yaitu berhasil menjadi juara pertama di tingkat regional Asia Pasifik dan di tingkat dunia untuk kategori Network dan Cloud. Selain itu, ITB juga mendapatkan penghargaan sebagai Top Global Excellent Partner 2020 yang dianugerahi pada acara Huawei Connect 2020.

“Terima kasih kepada Huawei Indonesia yang sudah memberikan wadah bagi mahasiswa untuk mempelajari lebih mendalam Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) muthakhir yang menjadi kebutuhan industri saat ini maupun masa depan, melalui beberapa program unggulan, antara lain adalah Huawei ICT Academy dan Huawei ICT Competition ini," kata Reini.

Pihaknya berharap kerja sama dan kolaborasi ITB dengan Huawei Indonesia yang telah lama terjalin terus dilanjutkan. Bahkan ditingkatkan guna membangun dan mempersiapkan sumber daya manusia Indonesia masa depan yang kompeten di bidang TIK.

Sementara Dani K Ristandi, Human Resources Director Huawei Indonesia, menyampaikan ucapan selamat kepada para pemenang kompetisi Huawei ICT National Competition 2020. Sebagai pengembang teknologi yang telah 20 tahun hadir di Indonesia, Huawei Indonesia turut berbangga atas berkembangnya kompetensi anak-anak bangsa di bidang TIK, yang tidak saja diakui oleh ekosistem nasional, namun juga mendapatkan pengakuan dari dunia internasional.

“Selamat atas kemenangan talenta-talenta muda diajang kompetisi TIK nasional ini dan kemenangan ini adalah untuk masa depan Indonesia!” harap Dani.

Dani menjelaskan, kegigihan dan kerja keras para peserta dalam berinovasi serta menaklukkan tantangan-tantangan sulit dan berstandar tinggi di kompetisi TIK, merupakan modal dasar bagi bangsa Indonesia untuk menjadi negara maju dan berdaya saing tinggi di bidang teknologi digital.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2176 seconds (0.1#10.140)