Begini Cara Crowdsourcing Bantu Tuntaskan Masalah Perusahaan Anda

Kamis, 03 Desember 2020 - 11:35 WIB
loading...
Begini Cara Crowdsourcing Bantu Tuntaskan Masalah Perusahaan Anda
Dengan crowdsourcing, Anda dapat mengurangi pembayaran pajak, tunjangan karyawan yang besar, dan biaya lain yang akan timbul dari mempekerjakan staf tetap. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Di negara maju , crowdsourcing platform sudah banyak digunakan perusahaan guna membantu mendorong performa. Mengingat penggunaannya untuk keperluan proyek ataupun pekerjaan rutin dari sebuah perusahaan bisa memberikan banyak manfaat. (Baca juga: Amazon.com Sebar Bonus Liburan Rp7,1 Triliun bagi Karyawan di Garis Terdepan )

Lalu, apa saja manfaat penggunaan crowsource seperti yang dikemas sribu.com? Jika belum pernah menggunakan crowdsourcing, Anda mungkin menganggapnya mahal. Kenyataannya justru jauh lebih murah daripada metode tradisional mempekerjakan manusia.

Dengan crowdsourcing, Anda dapat mengurangi pembayaran pajak, tunjangan karyawan yang besar, dan biaya lain yang akan timbul dari mempekerjakan staf tetap. Misalnya jika membutuhkan pekerjaan desain grafis, maka menyewa desainer grafis di rumah akan menghabiskan biaya yang banyak. Namun, crowdsourcing menawarkan pilihan desainer berbeda yang dapat Anda pilih berdasarkan tarifnya.

Crowdsourcing juga bisa menghemat waktu. Sebagai pemilik bisnis, Anda hanya dapat mempekerjakan orang sebanyak kemampuan perusahaan Anda. Namun, seringkali ada contoh ketika kekuatan karyawan tidak cukup untuk menyelesaikan berbagai hal dengan cukup cepat.

Jika Anda memiliki proyek yang peka waktu, situasi seperti ini mungkin menjadi memberatkan dan berakhir tidak menyenangkan. Crowdsourcing bisa menjadi solusi yang mudah.

Misalnya, jika memiliki bisnis kecil dan perlu melakukan survei pasar, Anda dapat melakukan crowdsource secara online dengan meminta sekelompok besar orang memilih atau mengisi formulir elektronik. Dengan cara ini, Anda bisa mendapatkan hasil yang lebih cepat dalam jangka waktu yang singkat.

Crowdsourcing juga menghubungkan Anda dengan para profesional yang akan menawarkan ratusan ide atau pendekatan berbeda dalam memecahkan masalah. Namun, jika menurut Anda banyak orang dapat menerjemahkan ke ide dan solusi berkualitas rendah, itu mungkin tidak benar. Pada kenyataannya, persaingan yang diciptakan oleh crowdsourcing mendorong orang untuk berpikir di luar kotak dan menawarkan solusi yang lebih kreatif.

Kita mengetahui bahwa banyak organisasi yang sukses memanfaatkan crowdsourcing untuk bertukar pikiran dan menghasilkan ide-ide yang luar biasa. Karena usaha kecil dan menengah adalah tempat berkembang biaknya keakraban, banyak pengusaha berasumsi bahwa karyawan mereka bersatu. Faktanya, mungkin itu menciptakan konflik tempat kerja di antara mereka.

Pendekatan yang lebih kolaboratif melibatkan sekelompok orang bisa membuat masukan mereka dapat membantu Anda mendapatkan informasi berharga yang mungkin terlewatkan oleh tim internal.

Selain itu, crowdsourcing cukup menarik karena menawarkan Anda kesempatan untuk memberikan beban terkait pekerjaan Anda kepada orang lain untuk diselesaikan. Ini adalah cara mendelegasikan tugas untuk mempermudah pekerjaan. Pikirkan "pembagian kerja." Anda berbagi pekerjaan di antara orang lain untuk meminimalkan beban. Dengan begitu, kita bisa fokus pada aspek manajemen pekerjaan.

Sribulancer.com merupakan sebuah situs yang dibuat untuk mempertemukan pekerja lepas (freelancer) dengan klien. Dalam bahasa lain, tempat untuk mempertemukan antara dua pihak yang saling membutuhkan. Di mana klien butuh satu atau dua lebih orang untuk mengerjakan pekerjaan yang tidak bisa atau tidak sempat mereka tangani. Begitupun sebaliknya freelancer membutuhkan pekerjaan sampingan untuk menambah penghasilan.

"Banyak pekerjaan digital dan nondigital yang harus dilakukan di sebuah perusahaan. Misalnya butuh penerjemah dokumen bahasa Inggris atau membuat press release, namun perusahaan tidak memiliki keahlian atau budget untuk merekrut karyawan in-house," kata CEO Sribulancer, Ryan Gondokusumo.

Dengan beberapa manfaat di atas, tidak heran banyak perusahaan yang memilih untuk memposting pekerjaan mereka di Sribu.com atau Sribulancer.com. Selain itu, kedua platform ini juga dipercaya oleh banyak freelancer sebagai tempat untuk mendapatkan penghasilan yang sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya.

Nah, bagi Anda yang saat ini sedang memiliki proyek untuk dikerjakan secara cepat, Anda bisa post proyek pekerjaan Anda di sribulancer atau di sribu.com. Lalu biarkan ribuan freelancer berkualitas mengerjakannya untuk Anda. (Baca juga: Dibuka di Zona Hijau, IHSG Naik ke Level 5.835 )
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1539 seconds (0.1#10.140)