UMKM dan Online Shop Wajib Tahu 8 Tips Manjur Bikin Caption Menarik di Instagram Ini!

Minggu, 22 November 2020 - 22:54 WIB
loading...
UMKM dan Online Shop Wajib Tahu 8 Tips Manjur Bikin Caption Menarik di Instagram Ini!
Caption Instagram bukan hanya berperan sebagai pemberi konteks pada gambar. Tetapi juga membantu menunjukkan personality yang dimiliki sebuah brand.
A A A
JAKARTA - Meski Instagram adalah jenis sosmed berbasis visual, namun tulisan caption Instagram yang dibuat oleh UMKM atau online shop yang menjadikan Instagram sebagai aset digital sama pentingnya dengan foto/video postingan itu sendiri.

Hal tesebut disampaikan Ryan Gondokusumo, CEO Sribu.com yang merupakan marketplace untuk desain grafis. Menurut Ryan, caption Instagram bukan hanya berperan sebagai pemberi konteks pada gambar. Tetapi juga membantu menunjukkan personality yang dimiliki oleh sebuah brand.

”Lewat caption, Anda dapat berbagi cerita, membuat jokes receh, dan mempersonifikasikan bisnis Anda dengan berinteraksi secara langsung dengan followers,” ujarnya.

Ryan mengakui bahwa hal tersebut bisa dilakukan lewat sebuah video. ”Namun, masalahnya, jika lewat video, pengikut Anda harus benar-benar anteng menonton video tersebut. Berbeda jika Anda mengkomunikasikan brand Anda lewat caption Instagram,” ujar Ryan .

Orang yang tidak benar-benar memperhatikan dan hanya scrolling feed saja, ia melanjutkan, tetap dapat membaca sekilas (skimming) caption Instagram Anda!

”Caption Instagram juga memberi Anda kemampuan membuat engagement dengan followers. Bisa mengajukan pertanyaan, memicu debat, dan menawarkan peluang untuk memenangkan giveaway jika orang menyukai dan mengikuti halaman Instagram Anda,” tambahnya.

Tapi, mengapa engagement begitu penting? Menurut Ryan, sejak 2016 pengguna tidak lagi melihat postingan di feed mereka dalam urutan kronologis.
Sekarang, penampilan konten di Feed seseorang diprioritaskan berdasarkan engagement, minat orang tersebut, serta waktu aktual saat konten tersebut diposting.



”Tipsnya, semakin banyak engagement berarti postingan Anda akan lebih sering dilihat audiens, baik untuk saat itu ataupun di masa depan,” ujar Ryan. Karena itu, dengan menjamurnya brand yang menggunakan Instagram sekarang, brand Anda harus bisa lebih menonjol dari brand-brand yang lain.

Bagaimana caranya? Dengan mempersonalisasi brand Anda melalui konten yang menarik, relevan, dan caption Instagram yang menarik.

Bagaimana cara menulis caption Instagram menarik? Ryan mengaku banyak membaca riset terbaru dan menyisir postingan Instagram dari perusahaan top untuk menentukan apa yang membuat caption Instagram berkinerja tinggi.

Kesimpulannya adalah, UMKM harus membuat keterangan yang akan mengangkat postingan mereka dan meningkatkan engagement serta jangkauan sambil tetap mewakili merek. ”Dan ujungnya, tentu saja lebih banyak konsumen potensial,” ungkapnya.

Nah, berikut 8 tips yang dapat digunakan dalam strategi pembuatan konten menurut Ryan:

1. Simpan Informasi Penting Terlebih Dahulu
Hanya 125 karakter pertama dari caption Instagram yang muncul di feed pengguna. Artinya, caption Anda harus cepat menarik perhatian mereka sebelum mereka scroll ke bawah untuk melihat postingan yang lebih menarik.

2. Ceritakan Kisah Merek Anda
Anda dapat membangun nilai keotentikan lewat caption Instagram Anda dengan menceritakan sebuah cerita (story-telling) tentang brand Anda yang relate dengan pembaca. Ini bisa berupa apa saja mulai dari riwayat singkat perusahaan atau produk, hingga cerita pribadi tentang seorang karyawan.

3. Pertimbangkan Struktur Teks Anda
Instagram mengizinkan hingga 2.200 karakter dalam keterangan, Anda sebaiknya menggunakan rata-rata sekitar 400 kata.

4. Ajukan Pertanyaan untuk Mendorong Engagement
Anda harus mendorong pengguna untuk secara aktif terlibat dengan posting Anda, bukan hanya membaca sepintas saja. Salah satu cara untuk mendorong engagement adalah dengan mengajukan pertanyaan. Pertanyaan memberi audiens sesuatu untuk ditanggapi, sehingga mereka terlibat dengan jawaban daripada harus memberikan komentar yang tidak langsung.

5. Gunakan Emoji untuk Menunjukkan Kepribadian Anda
Menyertakan emoji dalam caption Instagram Anda adalah cara yang bagus untuk menarik minat dan mempersonalisasi merek Anda. Penelitian-penelitian telah menunjukkan bahwa postingan Instagram dengan emoji memiliki tingkat engagement yang lebih tinggi daripada postingan tanpa emoji.

6. Sertakan Hashtag yang Relevan
Penelitian telah menunjukkan bahwa posting dengan setidaknya satu hashtag menerima lebih banyak likes dan komentar daripada posting tanpa tagar. Hashtag meningkatkan jangkauan secara dramatis sebab pengguna Instagram dapat mengikuti hashtag tertentu. Ini berarti jika Anda menggunakan hashtag itu di post Anda, Anda akan menjangkau pengguna yang mengikuti hashtag serta pengguna yang mengikuti Anda secara pribadi.

7. Gunakan @ Sebutan Untuk Meningkatkan Jangkauan
Saat Anda menggunakan fungsi ‘@ mention’ untuk menandai seseorang di Instagram, mereka menerima notifikasi. Jika mereka mengomentari atau membagikan postingan Anda, postingan tersebut akan muncul di feed pengikut mereka.

8. Selalu Sertakan CTA
Call-to-Actions (CTA) mengarahkan pengguna pada apa yang harus mereka lakukan setelah mereka selesai membaca posting Anda. Di mana tempat terbaik untuk CTA di Instagram? Di bio Instagram Anda.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1490 seconds (0.1#10.140)