Menakar Harga PS 5, Sebanding Dengan Keunggulannya?

Rabu, 30 Desember 2020 - 07:29 WIB
loading...
Menakar Harga PS 5, Sebanding Dengan Keunggulannya?
Sony akhirnya resmi memperkenalkan konsol game terbaru mereka yaitu PlayStation 5.
A A A
JAKARTA - Sony akhirnya resmi memperkenalkan konsol game terbaru mereka yaitu PlayStation 5 . PlayStation 5 akan diluncurkan pertama pada 12 November 2020 mendatang di beberapa negara saja, seperti Amerika, Jepang, Kanada, Meksiko, Australia, Selandia Baru, dan Korea Selatan.

Sedangkan untuk negara lainnya di seluruh dunia, baru akan dirilis serentak pada 19 November 2020 – kecuali untuk Tiongkok jadwal perilisannya masih belum diketahui. Dalam situs resminya Sony Interactive Entertainment Singapore Private Limited (SIES) mengumumkan bahwa PlayStation5 (PS5) akan diluncurkan di Indonesia pada tanggal 22 Januari 2021.

Harga PS5 varian Digital Edition akan tersedia dengan harga retail yang direkomendasikan sebesar Rp 7.299.000,- dan PS5 dengan drive disk Ultra HD Blu-ray akan tersedia dengan harga Rp 8.799.000.

Membeli pada saat peluncuran perdana sebuah barang yang menjadi incaranmu, tentunya akan membuat kamu merasa puas. Apalagi, jika dibandingkan dengan teknologi gadget lain seperti smartphone. Konsol game seperti PlayStation 5 hanya dirilis dalam kurun waktu, 6 sampai 7 tahun sekali.

Kedua model PS5 yang dikeluarkan, menggunakan prosesor khusus yang sama dengan CPU dan GPU terintegrasi untuk grafis. Dengan ketelitian tinggi hingga 4K, serta SSD berkecepatan sangat tinggi yang sama.

Dengan I/O terintegrasi yang akan memberikan pemuatan secepat kilat. Kedua model PS5 2020 ini, juga menawarkan rasa yang lebih mendalam melalui Dual Sense Wireless Controller dan kemampuan audio 3D.

Sehingga pemain akan menikmati pengalaman game play transformatif yang sama, dengan model apa pun yang mereka pilih. Di Indonesia sendiri, kamu bisa memesan terlebih dahulu atau Pre-Order PS5 ini, yang akan tersedia mulai tanggal 18 Desember 2020.

Banyak gamer yang mengeluhkan harga untuk PlayStation ini mahal. Karena sangat berbeda dengan para pendahulunya. Alasan kenaikan harga permainan ini, disebabkan oleh tingginya harga produksi pembuakan permainan konsol generasi terbaru dimasa kini.

Agar kamu bisa mengetahui kelebihan Playstation 5 secara detail, mari bandingkan dengan generasi terdahulunya. Perbandingan berupa kinerja loading antara keduanya. Seorang jurnalis Wall Street Journal asal Jepang, yaitu Takasho Mochizuki, sempat membuktikan kinerja keduanya.

Bukti berupa video tersebut, dia unggah di akun miliknya yaitu @mochi-wsj. Di dalam video, memperlihatkan pihak Sony yang sedang mendemonstrasikan perbandingan kinerja kedua konsol tersebut.

Game yang digunakan untuk perbandingan adalah Spiderman. Setelah dimainkan, PS5 hanya memiliki waktu loading 0,8 detik saja untuk masuk ke dalam game tersebut. Sedangkan PS4 Pro, membutuhkan sekitar 15 detik untuk menjalankannya.

Perbedaan yang sangat jauh, bukan? Hal di atas dikarenakan, PS5 sudah menggunakan media penyimpanan SSD. Media tersebut memiliki performa yang lebih baik. SSD bisa membaca video game dengan waktu yang jauh lebih cepat.

Dengan judul-judul seperti Marvel's Spider-Man: Miles Morales, Call of Duty: Black Ops Cold War, dan Demon's Souls, luasnya pengalaman bermain game unik yang hadir di PS5 mewakili jajaran terbaik dalam sejarah PlayStation.

Judul eksklusif dari SIE Worldwide Studios akan dijual dengan harga mulai dari IDR 729.000 hingga IDR 1.029.000 di PS5. Belum lama ini, pihak Sony sudah merilis spesifikasi dan gambar terbaru PS5.

Berdasarkan pengamatan, sejauh ini kelebihan Playstation 5 sangat signifikan dibandingkan generasi terdahulunya. Namun, kamu harus bersabar dan menunggu, karena baru akan rilis di akhir tahun ini.

Informasi spesifikasi yang dirilis oleh Sony, membuat kamu tahu apa saja kelebihan-kelebihannya yang ada didalam permainan konsol ini. Bagi kamu yang penasaran, apakah keunggulan PS5 ini sebanding dengan harga yang diberikan? Simak penjelasan berikut yaa:
1. Grafis Lebih Memukau

PlayStation 5 punya kelebihan dari segi grafisnya. Konsol game ini sudah mendukung Ray Tracing. Teknologi ini membuat efek pantulan cahaya dan bayangan objek terlihat lebih realistis.

Teknologi ini lebih dulu digunakan di laptop atau PC yang menggunakan grafis NVIDIA seri RTX. Pihak Sony memastikan bahwa PS5 memiliki grafis yang jauh lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya.

Jika PS4 hanya mampu memainkan game berformat 4K, maka PS5 sudah bisa memainkan game berformat 8K. Perbedaannya cukup signifikan bagi kamu yang ingin menikmati format 8K, kamu harus menyiapkan TV atau monitor yang mendukung format 8K tersebut.

Grafis 8K jauh lebih mendekati dunia nyata. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Presiden dan CEO Sony, Jim Ryan. Ia menjelaskan bahwa grafis yang dimiliki PS5 jauh lebih baik dibandingkan seri sebelumnya.

2. Spesifikasi Jauh Lebih Manly

Semenjak Sony merilis spesifikasi PlayStation 5, banyak gamer yang semakin penasaran. Spesifikasi yang diberikan akan memanjakan kamu dan para pengguna yang lainnya. CPU dan GPU PS5 sudah menggunakan processor generasi ketiga, yaitu chip AMD Ryezen 8 core.

Dapur pacu tersebut sudah mendukung 3D audio dan grafis 8K yang memukau. PS5 juga sudah dilengkapi teknologi Haptic Feedback yang jauh lebih responsif. Hadirnya teknologi tersebut, membuat setiap pengguna akan merasakan sensasi yang luar biasa ketika bermain game.

Konsol game generasi terbaru dari Sony ini, juga diklaim memiliki kinerja yang lebih kuat. Hal tersebut dikarenakan, PS5 sudah memiliki SSD atau Solid State Drive. Selain itu, masih banyak segudang spesifikasi lain yang membuatnya menjadi konsol yang paling kuat saat ini.

3. Kecepatan Loading Tercepat

Solid-State Drive atau SSD punya kecepatan baca dan tulis yang lebih cepat ketimbang Hard-Disk atau HDD. Karena media penyimpanannya, yang menggunakan flash memory.,SSD pada PS5 memiliki kecepatan 5,5 GB per detik.

Sebelumnya, pihak Sony sudah membocorkan kabar bahwa konsol barunya akan memiliki sistem loading yang cepat. Hadirnya SSD pada konsol, membuatnya menjadi semakin cepat dan gesit.

Kelebihan Playstation 5 ini, akan memberi kenyamanan ekstra bagi kamu karena sistem loading yang biasanya 15 detik, kini tidak sampai 1 detik. Hal tersebut karena adanya SSD pada konsol yang membuatnya semakin pintar. PS5 bisa dikatakan sebagai konsol yang tidak ada loading sama sekali.

4. Dapat Digunakan Untuk Games PS4

Kelebihan Playstation 5 berikutnya yaitu dari segi kompatibilitasnya. Pihak Sony mengklaim bahwa konsol terbaru ini, juga dapat memainkan game PS4. Menurut Cerny, hampir semua permainan dari 100 games teratas PS4 akan dapat dimainkan dalam PS5 saat diluncurkan.

Kamu dapat bernostalgia dengan permainan di konsol generasi lamanya tersebut. Cocok untuk kamu yang belum sempat memiliki konsol generasi ke-4. Sony belum mengkonfirmasi apakah PS5 kompatibel dengan PS3, PS2 atau PlayStation asli tetapi sepertinya tidak mungkin.

Namun, para pengguna tentu berharap besar bahwa semua game dari generasi ke generasi Playstation bisa dimainkan dalam konsol terbaru ini. Sejauh ini, perusahaan hanya berfokus pada kompatibilitas dengan PS4.

5. Ray Tracing

Selain grafis yang memukau, kabarnya PS5 juga memiliki fitur berupa Ray Tracing. Dalam grafik komputer 3D, ray tracing adalah teknik rendering untuk menghasilkan gambar dengan menelusuri jalur cahaya sebagai piksel dalam bidang gambar dan mensimulasikan efek pertemuannya dengan objek virtual.

Fitur ini adalah sebuah konten visual yang berfungsi yaitu agar pencahayaannya lebih kuat. Dengan begitu, pencahayaan virtual akan semakin natural. Hadirnya Ray Tracing, membuat kamu nyaman dengan pencahayaan grafis yang jauh lebih imersif dari generasi sebelumnya.

6. Dukungan Perangkat Playstation VR

VR atau Virtual Reality, menjadi salah satu daya tarik lain bagi para pengguna PS4 terdahulu. Kabarnya, di dalam PS5 ini, kamu masih bisa menikmati PlayStation VR. Seperti yang diketahui, VR merupakan aksesoris terbaik dari Playstation.

Dengan Virtual Reality, kamu dapat seolah-olah merasakan sedang masuk ke dalam video game yang sedang dimainkan. PlayStation VR akan dirilis dalam versi baru dengan aspek higher fidelity, membuatnya semakin lebih baik.

Sony juga akan mendukung controller PlayStation Move dan juga PlayStation Camera. Semuanya merupakan komponen pelengkap yang penting untuk sistem VR pada PS5.

7. Fitur Controller Yang Lebih Canggih

Jim Ryan membocorkan sebuah fitur baru yang akan hadirnya pada controller PS5. Fitur tersebut yaitu haptic feedback yang merupakan sebuah teknologi terkini di dalam dunia game. Fitur ini membuat penggunanya semakin bisa merasakan sebuah permainan nyata.
Menurut Jim Ryan, akan ada feedback berbeda antara game racing dan game First Person Shooter (FPS) ketika dimainkan. Kontroler juga akan memiliki trigger adaptif yang dapat diprogram sesuai tingkat ketegangan game.

8. Desain Yang Lebih Futuristik

Dari segi desain, PlayStation 5 hadir dalam tampilan warna putih. Tidak seperti beberapa konsol pendahulunya yang lebih didominasi hitam. Kombinasi warna putih dan hitam terlihat sangat mencolok.

Konsol ini bisa diletakan dalam posisi vertikal atau horizontal. Tidak hanya desain konsol, kontroler game PS5 juga mengadopsi warna yang sama seperti konsolnya. Seperti generasi terdahulunya, Sony setiap merilis konsol baru selalu membuat perubahan pada bentuknya.

Hal ini juga berlaku pada PS5, desainnya lebih futuristik dan dibuat sedikit lancip. Pengguna juga bisa meletakkannya secara horizontal. Dengan begitu, konsol tidak akan memakan ruang penyimpanan. Controller-nya dibuat berbeda dan tampak lebih nyaman ketika dipegang.

9. Teknologi Audio Terbaru: Tempest 3D Audio Engine

Ketika membahas detail lengkap mengenai ‘dalaman’ PS5, kepala desain arsitektur yakni Mark Cerny menyinggung tentang teknologi audio 3D. Ini dikonfirmasi menjadi salah satu fitur unggulan yang akan dimiliki oleh PS5.

PlayStation 5 menggunakan teknologi audio terbaru Sony yang bernama Tempest 3D Audio Engine. Teknologi ini menggunakan hardware yang diciptakan khusus dengan algoritma software untuk membuat suara terdengar lebih realitstis.
Teknologi ini kompatibel dengan semua jenis headphone stereo di pasaran. Tempest 3D Audio Engine juga bisa terhubung ke soundbar dan speaker TV.

10. Kontroler Dual Sense Terbaru

PS5 menggunakan kontroler terbaru yang bernama DualSense. Kontroler wireless ini didesain untuk PS5 agar bisa memberikan pengalaman bermain yang lebih interaktif. Kontroler PS5 ini menggunakan haptic feedback yang menggantikan sistem vibrasi tradisional.

Feedback haptic membuat respon atau feedback lebih responsif dan sensitif sehingga dapat menyesuaikan berbagai kondisi game. Kontroler PlayStation 5 juga memiliki Dynamic Adaptive Triggers.

Fungsinya adalah untuk memberikan feedback yang berbeda tergantung jenis permainan. Game racing dan FPS akan memiliki feedback yang berbeda. Setingan feedback ini bisa Anda sesuaikan dengan tingkat keseruan game.
Setelah melihat 10 keunggulan dari PlayStation 5 , apakah kamu sudah mulai tertarik untuk membelinya
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1377 seconds (0.1#10.140)