UMKM dan Koperasi Terus Didorong Melek Digital

Sabtu, 21 November 2020 - 03:22 WIB
loading...
A A A
"Ini juga sebagai upaya meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap citra koperasi. Karena transformasi koperasi dan UMKM ke arah ekonomi digital telah menjadi keniscayaan," kata Teten.

Hingga kini, belum banyak koperasi yang memanfaatkan sistem digital dalam pengelolaan dan pemasaran. Disebutkan Teten, dari 123.048 unit koperasi, baru 0,73 persen yang memanfaatkan sistem digital.

"Digitalisasi koperasi dan UMKM menjadi salah satu agenda prioritas kita untuk mencapai efisiensi dan efektivitas layanan koperasi, tanpa harus meninggalkan jati diri koperasi," cetus Teten.

Untuk menuju transformasi digital koperasi, diperlukan dukungan dari berbagai pihak. Terlebih, Indonesia memiliki potensi ekonomi digital yang sangat besar, mampunyai pasar yang bagus yang bisa dimanfaatkan bagi para pelaku koperasi dan UMKM.

"Kita perlu dukungan semua pihak. Kolaborasi pemerintah pusat dan daerah, perguruan tinggi, pelaku usaha, komunitas, dan media. Apalagi potensi ekonomi digital Indonesia pada 2025 diperkirakan lebih dari Rp1,7 triliun," tambahnya. (Baca juga: Respons Kekebalan Terhadap Virus Corona Bertahan Lebih dari 6 Bulan )
(iqb)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1704 seconds (0.1#10.140)