UMKM dan Koperasi Terus Didorong Melek Digital

Sabtu, 21 November 2020 - 03:22 WIB
loading...
UMKM dan Koperasi Terus Didorong Melek Digital
Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) resmi meluncurkan logo baru di Bandung, Jawa Barat. Foto/Ist
A A A
BANDUNG - Ada dua kabar baik bagi industri koperasi dan usaha mikro kecil dan menengah ( UMKM ). Pertama, Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) resmi meluncurkan logo baru. Kedua, terciptanya Gerakan Inovasi dan Transformasi Digital Koperasi ( Idxcoop ).

Peluncuran logo baru ini bermakna harapan untuk menggerakkan ekonomi masyarakat di tengah pandemi COVID-19. Logo terinspirasi roda untuk menggerakkan sebuah mesin. (Baca juga: Menguasai Digital Marketing Upaya UMKM Beradaptasi di Masa Krisis )

Makna logo tersebut berisi harapan agar menjadi tonggak baru untuk menggerakkan ekonomi masyarakat, terutama pada situasi pandemi COVID-19 saat ini. Warna biru muda dan tua pada logo menyimbolkan keseimbangan peran yang sinergis antara LPDB dan KUMKM untuk maju bersama.

"Warna biru juga melambangkan integritas, kebijaksanaan dan kesempatan yang terbuka seluas dan setinggi langit untuk KUMKM berkembang dengan dukungan layanan terbaik LPDB-KUMKM," kata Direktur Utama LPDB-KUMKM Supomo pada peluncuran logo yang dilaksanakan di Hotel Aryaduta, Kota Bandung, Jawa Barat, baru-baru ini.

Momen ini disaksikan langsung Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, turut hadir pada peluncuran logo baru LPDB-KUMKM tersebut.

Supomo berharap kehadiran logo baru tidak hanya simbol semata, namun menjadi sebuah pecut agar semangat pelayanan LPDB-KUMKM lebih baik lagi ke depannya. "Saya berharap dengan logo baru ini LPDB-KUMKM bisa memberikan pelayanan yang maksimal terhadap masyarakat. Bisa lebih ramah, lebih optimal, dan menyentuh tepat sasaran kepada UKM," harapnya.

Kehadiran logo baru itu juga sekaligus menjadi inspirasi bagi para pelaku UKM agar lebih giat menggeluti sektor ekonomi. "Tentu ini juga sebagai semangat baru bagi UKM dengan kehadiran logo baru LPDB. Kolaborasi semakin erat dijalankan dengan menumbuhkan semangat berkoperasi," katanya.

Teten Masduki berharap kehadiran logo baru LPDB-KUMKM, yaitu sebagai tonggak awal untuk terus menumbuhkan masyarakat berkoperasi dan lebih giat berwirausaha. "Koperasi dan UKM menjadi ekonomi yang diandalkan di negara ini. Peran serta masyarakat untuk menjadi pelaku usaha sangat dibutuhkan. Dengan kehadiran logo ini menjadi semangat baru bagi LPDB-KUMKM," ucap Menteri Koperasi dan UMKM.

Melek Digital
Terkait pencanangan Gerakan Inovasi dan Transformasi Digital Koperasi (Idxcoop), gerakan ini sebagai upaya mendorong pelaku koperasi dan UMKM agar melek digital.

Teten mengatakan, gerakan tersebut menjadi momentum untuk memiliki optimisme tinggi dalam merespons era digital bagi pelaku koperasi dan UKM. Gerakan serta inovasi tersebut juga sebagai upaya meningkatkan transparansi dan akuntanbilitas agar masyarakat bisa mendapatkan pelayanan optimal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2883 seconds (0.1#10.140)