Listrik Mati Jaringan Internet di JABODETABEK Ikut Tewas

Minggu, 01 November 2020 - 15:56 WIB
loading...
Listrik Mati Jaringan Internet di JABODETABEK Ikut Tewas
ilustrasi jaringan listrik. FOTO/ IST
JAKARTA - Matinya jaringan listrik pada Minggi 1/11/2020 sekira pukul 13 an WIB di Jagobetabek membuat warga kalangkabut, pasalnya selain aliran listrik yang mati Internet juga mati. BACA JUGA - Serangan Santet Besar-Besaran ke Donald Trump Kacaukan Big Data AS

Jaringan internet sudah menjadi bagian hidup masyarakat, khususnya di wilayah perkotaan. Karena itu, ketika jaringan mengalami gangguan alias down, maka jagad maya akan ramai dengan keluhan pelanggan.

Meski sudah dibentengi dengan teknologi mumpuni, operator telekomunikasidi Indonesia tak jarang mengalami gangguan. Imbasnya warganet tak bisa mengakses beragam aplikasi di handphone-nya. BACA JUGA - Jadi MPV Terlaris, Suzuki Diam-Diam Siapkan Kembali All New Ertiga Diesel

Berdasarkan pantauan SINDOnews Penggunanya ramai-ramai mengeluhkan masalah ini lewat platform Twitter. Mereka mengeluh jaringan internet baik milik Telkom, XL dan Indosat tidak bisa diakses karena menghambat aktivitas sehari-harinya.

Ada beragam penyebab jaringan internet di Indonesia kerap mengalami gangguan. Misalnya, operation center milik operator mengalami pemadaman listrik sehingga tidak bisa memberikan konektivitas.



Selain itu, Indonesia juga memiliki internet exchange. Ketika jaringan ke internet exchange terputus, maka bisa menimbulkan masalah pada akses internet.

Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN Agung Murdifi mengatakan, kejadian mati lampu akibat Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 500 KV terganggu akibat hujan deras disertai sambaran petir.

"Hujan deras disertai petir yang terjadi di daerah Jakarta dan sekitarnya, menyebabkan sejumlah SUTET 500 KV mengalami gangguan pada pukul 12.58 WIB," katanya dihubungi, Minggu (1/10/2020). (Baca juga:Ada Pandemi, Tjahjo Sebut Kebutuhan Formasi CPNS Bakal Berkurang)

Beberapa SUTET yang mengalami gangguan tersebar di beberapa di daerah, di antaranya SUTET Muara Tawar (CIBATU) SUTET Depok-Cibinong, SUTET Cawang -Muara Tawar, dan SUTET Bekasi Tambun. PLN terus berupa keras mengatasi gangguan tersebut sehingga beberapa daerah sudah mulai kembali teraliri listrik, seperti Cawang, Duren Tiga, Mampang, Danayasa, SCBD, Kemang, Ancol, Angke, dan Setiabudi.
(wbs)
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE