7 Tips Memperbaiki Blue Screen di Komputer Windows

Kamis, 29 Oktober 2020 - 18:30 WIB
loading...
A A A
Karena masalahnya mungkin bukan program yang Anda gunakan secara aktif saat BSOD terjadi, kita juga harus mempertimbangkan program lain yang berjalan di latar belakang atau yang saat ini tidak aktif, diminimalkan ke bilah tugas, atau berjalan di desktop virtual. Copot pemasangan perangkat lunak apa pun yang tampaknya berjalan setiap kali Layar Biru muncul.

2. Jalankan pemeriksa memori
Memori yang rusak -khususnya, Random Access Memory atau RAM, dapat menyebabkan BSOD, dan ini adalah salah satu dari beberapa penyebab yang mungkin jika sering mengalami Blue Screen, bukan hanya sesekali. Untungnya, ada alat pemeriksa memori yang terpasang di Windows.

Di kotak Start search, ketik "Memory" dan kemudian klik "Windows Memory Diagnostic" saat muncul di hasil pencarian. Klik "Periksa masalah saat saya memulai komputer saya di lain waktu" dan mulai ulang komputer Anda untuk menjalankan pengujian.

Setelah komputer Anda restart, Anda perlu mencari hasil tes. Di kotak Mulai pencarian, ketik "Peraga Peristiwa", lalu klik "Peraga Peristiwa" saat muncul di hasil pencarian.

Di panel sebelah kiri, klik "Windows Logs", lalu klik "System." Di panel sebelah kanan, klik "Temukan" dan cari "Diagnostik Memori". Anda harus melihat hasil tes -jika ada masalah yang dilaporkan, memori yang rusak dapat menyebabkan BSOD.

7 Tips Memperbaiki Blue Screen di Komputer Windows

Anda dapat menemukan hasil Diagnostik Memori Anda di Event Viewer. Foto/Business Insider

3. Periksa kesalahan hard drive
Hard drive yang bermasalah dapat menyebabkan BSOD. Untuk memeriksa kesalahannya, ketik "PC ini" di kotak Mulai pencarian dan klik saat Anda melihatnya muncul di hasil pencarian. Klik kanan drive "C" Anda dan pilih "Properties".

Kemudian klik tab "Tools" di jendela Properties hard drive. Di bagian "Pemeriksaan kesalahan", klik "Periksa" dan ikuti petunjuk untuk memeriksa hard drive secara manual.

4. Lepaskan periferal yang tidak penting
Blue Screen of Death sering kali disebabkan oleh masalah perangkat keras daripada masalah perangkat lunak -karenanya periksa memori dan hard drive Anda dalam langkah pemecahan masalah di atas. Cara cepat dan mudah untuk memecahkan masalah BSOD yang berulang adalah mencopot pemasangan periferal eksternal apa pun, seperti printer, pemindai, penyimpanan eksternal, dan sebagainya. Jika perangkat ini memiliki perangkat lunak khusus yang diinstal, hapus instalannya juga.

5. Ganti kartu ekspansi yang rusak atau tidak kompatibel
Ini bisa memakan waktu dan merepotkan untuk melepas perangkat keras dari dalam PC Anda, tetapi jika Anda memiliki BSOD berulang, itu terkadang penyebabnya. Secara khusus, kartu grafis premium dan kartu audio dapat menjadi akar masalahnya. Khususnya untuk kartu grafis, coba lepas dan hubungkan monitor Anda ke grafis bawaan motherboard.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2457 seconds (0.1#10.140)