Vendor Sulit Daftarkan IMEI Ponsel Baru, Ini Penjelasan Resmi Kominfo

Senin, 12 Oktober 2020 - 20:42 WIB
loading...
Vendor Sulit Daftarkan IMEI Ponsel Baru, Ini Penjelasan Resmi Kominfo
Kementerian Kominfo menegaskan CEIR berjalan normal dan berfungsi baik. Pernyataan ini menyangkal keluhan vendor yang mengaku sulit mendaftar IMEI ponsel baru. Foto/Muh Iqbal M/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengklarifikasi informasi penuhnya kapasitas mesin Centralized Equipment Identity Register (CEIR), sehingga mengganggu proses registrasi International Mobile Equipment Identity (IMEI). (Baca juga: Vendor Ngaku Kesulitan Daftarkan IMEI Ponsel Baru ke Pemerintah )

Direktur Jenderal Sumber Data dan Perangkat Informatika Kemkominfo, Ismail, mengatakan, mesin CEIR selama ini berjalan normal dan berfungsi baik. Data IMEI perangkat handphone, komputer, tablet (HKT) produksi dan impor terbaru sampai 10 Oktober sudah dimasukkan ke CEIR.

“Sudah di-upload data IMEI ponsel baru yang kemarin sempat tertunda,” kata Ismail dalam keterangan tertulisnya, Senin (12/10/2020).

Sebagai pusat pengelolaan informasi IMEI, mesin CEIR dibangun oleh Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI) untuk mengintegrasikan sistem Equipment Identity Register dari lima operator. Penyempurnaan sistem dilakukan terus menerus untuk menjamin kesiapan pengendalian IMEI. “Kapasitas mesin CEIR saat ini mencukupi untuk menerima data terbaru,” katanya.

Pengelolaan CEIR dilakukan bersama oleh Kementerian Perindustrian dan Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk mengoordinasikan operator telekomunikasi seluler menjalankan ketentuan pengendalian IMEI.

“Apabila ada produsen yang saat ini belum bisa memasukan data nomor IMEI, mereka bisa segera berkoordinasi dengan Kementerian Perindustrian,” katanya lagi.

Pemerintah memberlakukan pengendalian IMEI mulai 15 September 2020 dengan menggunakan sistem CEIR. Kebijakan pengendalian IMEI ditujukan untuk melindungi konsumen dan memberikan kepastian hukum kepada operator dalam menghubungkan perangkat yang sah ke jaringan telekomunikasi. (Baca juga: Debut Elkan Baggot di Timnas U-19, Ini Penilaian Shin Tae-yong )
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3315 seconds (0.1#10.140)