4G vs 5G, Benarkah Jaringan Internet Generasi Kelima Lebih Baik?

Selasa, 29 September 2020 - 16:53 WIB
loading...
A A A
Jalan Panjang dari 1G ke 5G
Laman Phone Arena menyebutkan, publik telah melihat peningkatan jaringan seluler selama beberapa tahun terakhir. Namun, evolusi telah berkembang pesat selama beberapa tahun terakhir dan sulit untuk membandingkan evolusinya dengan apa pun di dunia teknologi lainnya.

1G
Pengembangan 1G dimulai pada 1979. Ini memasarkan jaringan telekomunikasi generasi pertama yang memungkinkan pengguna berkomunikasi saat bepergian. Namun, karena ini adalah awalan teknologi baru, maka layanannya mengalami masalah -jangkauan rendah dan kualitas suara buruk.

Selain itu, pengguna tidak memiliki opsi roaming untuk digunakan. Karena tidak ada dukungan antara operator yang berbeda karena setiap telekomunikasi beroperasi pada rentang frekuensi yang unik.

Bahkan perusahaan besar pun tidak aman dari kekurangan 1G. Panggilan tidak dienkripsi, jadi sangat mudah bagi orang yang berniat buruk untuk mencegat dan memata-matai panggilan tersebut.

2G
2G adalah evolusi besar pertama di segmen ini. Di bawah standar GSM dan memasarkan pergeseran sinyal dari radio analog ke digital.

Saat ini dapat dianggap jaringan prasejarah. Tetapi seperti 5G yang mengesankan saat ini, 2G menandai tonggak sejarah evolusi teknologi.

Lewat 2G pula masyarakat memulai era layanan SMS dan MMS. Saat ini, kita terbiasa dengan WhatsApp dan aplikasi perpesanan canggih lainnya, tetapi SMS dan MMS yang memulai semuanya.

Beberapa fitur utamanya meliputi:
- Kecepatan data mendekati 64 kbps.
- Menyediakan standar terenkripsi yang aman dan kualitas audio yang jauh lebih jernih selama panggilan.
- Dioperasikan pada bandwidth 30-200 kHz.

3G
Dengan konsolidasi 2G, kita melihat evolusi besar jaringan dengan 3G. Teknologinya beroperasi di bawah standar UMTS dan mempertahankan banyak dari apa yang berhasil dilakukan spektrum 2G. Standar baru datang untuk meningkatkan dan menawarkan pengalaman yang lebih andal.

Tetapi kita harus mengatakan, untuk browsing web, 3G adalah jaringan pertama yang memberikan hasil yang memuaskan. Meskipun hasil ini tidak dapat dibandingkan dengan standar saat ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2260 seconds (0.1#10.140)