4G vs 5G, Benarkah Jaringan Internet Generasi Kelima Lebih Baik?

Selasa, 29 September 2020 - 16:53 WIB
loading...
4G vs 5G, Benarkah Jaringan Internet Generasi Kelima Lebih Baik?
Dunia sudah mulai mengaplikasikan teknologi jaringan generasi kelima (5G). Pertanyaannya, benarkah 5G lebih baik dari 4G? Foto/Giz China
A A A
JAKARTA - Beberapa tahun telah berlalu sejak diperkenalkannya jaringan seluler . Dengan munculnya 3G , kita melihat data seluler menjadi cukup berguna, tapi tidak begitu memuaskan. (Baca juga: Rencana Meng Chi Terhadap Empu Ranubaya Terkuak di Episode 35 Tutur Tinular )

Lalu datanglah 4G, jaringan yang jauh lebih cepat, stabil, dan andal untuk menavigasi web saat dalam perjalanan. Mencapai kecepatan unduh yang memuaskan, orang dapat berpikir bahwa 4G adalah batas yang dapat dicapai oleh teknologi.

Namun, inovator teknologi mulai mengerjakan hal besar berikutnya yaitu 5G. Pada 2019, sebagian besar jaringan di negara-negara maju pertama memberikan dorongan pada jaringan generasi kelima. Ini menjanjikan kecepatan yang mencengangkan dan lebih dari itu.

Standar jaringan baru membuka beragam kemungkinan yang melibatkan semua segmen di industri. Tapi pertanyaan besarnya adalah, seberapa baik teknologi 5G dibandingkan generasi sebelumnya?

Standar jaringan generasi kelima menjanjikan lompatan besar dalam kecepatan unduh dan unggah data. Ini juga menjanjikan latensi yang lebih rendah, kecepatan lebih cepat, dan kualitas yang dapat diandalkan.

Tapi mengapa, lebih dari sekedar jaringan, 5G dianggap sebagai pengubah permainan? Dilansir dari Giz China, berikut ini detail mengapa 5G begitu menjanjikan.

Teknologi 5G
5G lebih dari sekadar jaringan supercepat untuk mengunduh dan mengonsumsi media. Sebab 5G menjanjikan menjadi tulang punggung segmen IoT (Internet of Things).

Ini akan semakin meningkatkan kemampuan teknologi tersebut dan bekerja guna menghubungkan semua orang dan segala sesuatu di masyarakat. Jaringan dapat menghubungkan perangkat seluler, sensor peralatan, drone, atau perangkat pintar lainnya.

Beragam kemungkinan yang ditawarkan oleh 5G adalah yang pertama di industri. Ini akan memungkinkan komunikasi mesin-ke-mesin dan ini akan membawa dampak besar pada setiap segmen industri mulai dari perbankan hingga perawatan kesehatan.

5G dapat mengontrol dan memantau drone saat mengirimkan paket, dapat meningkatkan pengembangan mobil tanpa pengemudi, dan meningkatkan upaya telemedicine. Faktanya, 5G telah sangat membantu China selama fase terburuk pandemik COVID-19.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1710 seconds (0.1#10.140)