Waspada, Ini Daftar 10 Selebriti yang Sering Dipakai untuk Kejahatan Siber

Rabu, 09 Oktober 2024 - 22:10 WIB
loading...
Waspada, Ini Daftar...
McAfee menempatkan Scarlett Johansson di posisi puncak 2024 Celebrity Hacker Hotlist. Foto/Marca
A A A
JAKARTA - Sejumlah selebriti dunia namanya kerap dicatut oleh para penipu untuk memperdayai korbannya di dunia maya. Popularitas serta nama besar para selebriti memang kerap membuat orang lengah dan ujung-ujungnya menjadi korban kejahatan siber .

McAfee pun telah merilis daftar nama para selebriti yang kerap dieksplotasi oleh penjahat siber dalam "2024 Celebrity Hacker Hotlist".

Betanews melansir, Rabu (9/10/2024) McAfee menempatkan Scarlett Johansson di posisi puncak "2024 Celebrity Hacker Hotlist". Popularitas Johansson membuatnya menjadi target utama bagi peretas, yang menggunakan namanya untuk menipu pengguna yang tidak curiga agar mengklik tautan berbahaya atau mengunduh file berbahaya.

Laporan McAfee memperingatkan pencarian yang melibatkan selebriti dunia seperti Johansson seringkali mengarahkan konsumen ke situs tidak aman. Situs-situs ini dapat menginstal malware atau mengumpulkan data pribadi, membahayakan privasi, data, dan identitas pengguna. Munculnya AI telah memudahkan untuk membuat deepfakes yang meyakinkan, menambah lapisan kompleksitas pada penipuan ini. Gambar, audio, dan video yang dihasilkan AI dapat digunakan untuk menipu penggemar agar terlibat dengan konten palsu, tidak hanya merusak keuangan korban tetapi juga reputasi selebriti.



Banyak orang yang mencari berita atau penawaran selebriti secara online, seringkali memprioritaskan kecepatan daripada keamanan. Namun, laporan McAfee menekankan perilaku ini membuat pengguna rentan terhadap penipuan. Baik berburu tiket konser diskon, investasi cryptocurrency, atau hadiah, pengguna dapat menjadi mangsa situs palsu yang membahayakan informasi sensitif mereka atau mencuri uang.

Tim McAfee's Threat Research Labs menyusun daftar tersebut dengan mengidentifikasi selebriti mana saja termasuk influencer media sosial yang paling sering menjadi target dalam penipuan online.

Berikut 10 selebriti teratas yang paling sering dieksploitasi dalam penipuan :

1. Scarlett Johansson


Dikenal karena penggunaan gambarnya yang tidak sah dalam iklan dan dukungan yang dihasilkan AI.

2. Kylie Jenner


Mereknya disalahgunakan dalam giveaway palsu dan produk Kylie Cosmetics palsu.

3. Taylor Swift


Ditargetkan untuk penipuan tiket, disinformasi politik, dan pemberian hadiah produk.

4. Anya Taylor-Joy


Digunakan untuk informasi streaming yang salah dan penipuan giveaway.


5. Tom Hanks


Penipu mempromosikan produk kesehatan palsu atas namanya.

6. Sabrina Carpenter


Terkait dengan iklan aplikasi konten dewasa dan tiket palsu.

7. Sydney Sweeney


Terkait dengan penipuan crypto.

8. Blake Lively


Ditargetkan oleh penipuan produk penurunan berat badan.

9. Johnny Depp


Namanya disalahgunakan untuk penggalangan dana, hadiah, dan penipuan crypto.

10. Addison Rae


Korban penipuan dukungan palsu dan giveaway.

Daftar di atas menunjukkan bagaimana para pelaku kejahatan telah beradaptasi, menggunakan AI untuk menghasilkan dukungan palsu dan iklan yang menampilkan tokoh terkenal. Johansson telah vokal menentang konten yang dihasilkan AI tanpa persetujuan, menyoroti kekhawatiran yang berkembang ini. Penipu beralih dari eksploitasi finansial murni ke memanfaatkan kemiripan dan suara selebriti yang dapat dikenali untuk menarik klik.

Mereka menggunakan taktik seperti deepfakes yang dihasilkan AI dan skema phishing untuk mengeksploitasi popularitas selebriti ini. Peneliti McAfee menemukan cryptocurrency, tiket, pemberian produk, dan penipuan "obat ajaib" termasuk yang paling umum.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1259 seconds (0.1#10.140)