Kacamata Pintar Orion Meta, Kecanggihannya Bakal Saingi Smartphone

Sabtu, 28 September 2024 - 19:00 WIB
loading...
A A A


Tujuan tersebut masih jauh, meskipun muncul prototipe Orion, yang didebutkan pada konferensi tahunan Meta Connect di Menlo Park, California. Perusahaan berharap dapat membuat versi perangkat ini tersedia untuk publik, tetapi para eksekutif mengatakan itu belum cukup kecil atau cukup bergaya. Tantangan juga melanda perusahaan teknologi lainnya selama bertahun-tahun, termasuk Google dan Microsoft Corp.

Snap Inc. meluncurkan sepasang kacamata AR-nya sendiri awal bulan ini, tetapi hanya merilisnya kepada pengembang.

Pada akhirnya, para eksekutif Meta yakin akan dapat membuat kacamata tersebut cukup tipis dan bertenaga sehingga konsumen umum akan membelinya. "Tujuannya adalah untuk membawa Orion ke pasar masa depan seharga laptop atau smartphone kelas atas. Setiap jenis upaya sebelumnya pada AR telah menjadi headset, kacamata, helm," kata Rahul Prasad, direktur senior manajemen produk Meta.

Untuk saat ini, Meta akan terus membangun dan menyempurnakan kacamata secara internal hingga siap dijual ke publik. Ratusan karyawan Meta telah menguji kacamata Orion. Perusahaan berencana untuk memperluas kelompok tersebut secara signifikan sekarang setelah mereka didebutkan secara publik.

Tidak seperti produk pesaing, seperti headset Vision Pro Apple, kacamata Orion Meta tidak memerlukan tali kepala yang besar atau paket baterai untuk beroperasi. Orion memiliki tujuh kamera, termasuk dua untuk melacak pergerakan mata, yang memungkinkan pengguna mengontrol tampilan menggunakan gerakan tangan yang terlihat.

Orion bekerja paling baik, meskipun, ketika dipasangkan dengan gelang yang menyertainya, yang menggunakan elektromiografi untuk mendeteksi gerakan tangan yang jauh lebih halus sehingga pengguna dapat mengontrol kacamata dengan gerakan jari kecil.

Meta merancang dan memproduksi lebih dari 10 chip komputer yang tertanam dalam Orion, sebagai bagian dari rencana untuk mengurangi konsumsi energi untuk kacamata tetapi juga untuk mengurangi jumlah panas yang dihasilkan sehingga tidak terasa hangat saat disentuh.

"Alih-alih kaca, lensa Orion terbuat dari silikon karbida, bahan yang populer di beberapa kendaraan listrik, yang lebih ringan daripada kaca dan juga membantu membengkokkan cahaya pada sudut ekstrem, kata Prasad.

Meskipun menggunakan silikon karbida merupakan terobosan besar bagi Meta, Bosworth mengatakan perusahaan sedang mencari alternatif yang lebih murah yang dapat memberikan fungsionalitas yang sama dengan harga yang lebih rendah.

Headset VR Quest Baru


Meta juga mengumumkan versi baru yang lebih murah dari headset realitas virtual Quest-nya, menyegarkan upayanya untuk membujuk konsumen untuk menghabiskan lebih banyak waktu menggunakan realitas virtual dan augmented untuk bermain game, menonton video, dan mengobrol dengan orang lain.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1534 seconds (0.1#10.140)