Pengguna Samsung Kini Bisa Chat dengan iPhone via RCS

Rabu, 18 September 2024 - 13:45 WIB
loading...
Pengguna Samsung Kini...
RCS menjadi versi terbaru dari SMS/MMS yang menawarkan banyak fitur tambahan. Foto/Sammobile
A A A
JAKARTA - Google memperkenalkan Rich Communications Services (RCS) sebagai medium penyampai pesan antara sistem Android dan iOS.

RCS menjadi versi terbaru dari SMS/MMS yang menawarkan banyak fitur tambahan, seperti tanda baca, indikator pengetikan, reaksi pesan, kemampuan untuk mengirim media resolusi tinggi, dan kemampuan untuk mengirim pesan melalui Wi-Fi dan data seluler daripada jaringan operator.

Laman Sammobile melansir, Rabu (18/9/2024) Google mulai meluncurkan Rich Communications Services ke perangkat Android pada 2019 melalui peningkatan Google Messages dengan dukungan untuk protokol tersebut. Apple, di sisi lain, menambahkan dukungan untuk RCS ke iPhone baru-baru ini, atau lima tahun setelah Google melakukan langkah tersebut.



Berkat RCS, kini bisa mengirimkan pesan tanpa batas. Pengguna cukup membuka Google Messages di ponsel Android atau Galaxy dengan mencoba mengirim pesan ke pengguna iPhone. Nampak opsi "pesan RCS" di bagian input teks. Sedangkan pengguna iOS akan melihat "Pesan Teks RCS" di aplikasi Pesan.



Setelah memperbarui ke iOS 18, pengguna iPhone tidak perlu melakukan apapun untuk mengaktifkan RCS di ponsel. Apple telah mengaktifkan fitur ini secara default.

Pengguna dapat menemukan pengaturan untuknya di Pengaturan » Aplikasi » Pesan. Perhatikan bahwa enkripsi end-to-end (E2EE) saat ini tidak tersedia antara Android dan iOS. Plus, RCS di iPhone saat ini tersedia untuk wilayah dan operator jaringan terbatas.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1076 seconds (0.1#10.140)