iPhone 16 vs iPhone 15, Ini Perbandingan Fitur Barunya

Kamis, 12 September 2024 - 10:00 WIB
loading...
iPhone 16 vs iPhone...
iPhone 16 hadir dalam warna yang memukau, seperti hitam, putih, merah muda, teal, dan ultramarine. Foto/Slash Gear
A A A
JAKARTA - Setiap September, Apple merilis jajaran produk baru, termasuk iPhone 16 dan 16 Plus yang siap pre-order pekan ini. Jika harus memilih antara seri iPhone 16 dan iPhone 15 , cermati fitur barunya terlebih dahulu.

Slash Gear melansir, Kamis (12/9/2024) tampilan iPhone 16 dilengkapi dengan kamera yang disusun secara vertikal. Kamera Fusion memiliki kekuatan 48 megapiksel yang mampu mengambil foto sudut lebar dan kualitas gambar yang lebih baik.

iPhone 16 standar juga hadir dalam warna yang memukau, seperti hitam, putih, merah muda, teal, dan ultramarine. iPhone 16 dan iPhone 16 Plus dibanderol dengan harga USD799 atau Rp12,3 juta dan USD899 atau Rp13,8 juta masing-masing memiliki 128 GB penyimpanan internal.

Selanjutnya, iPhone 15 dan 15 Plus mengalami penurunan harga sebesar 100 dollar AS — tetapi berbagai peningkatan lainnya yang hadir dengan model yang lebih baru mungkin saja sepadan dengan biaya tambahan.


Chip A18 dua generasi lebih baru


Pembaruan teknis terbesar untuk iPhone tahun ini, yaitu SoC A18 internal Apple. Kali ini, teknologinya dua generasi lebih baru dan memberikan kinerja CPU 30% lebih baik daripada chip A16 Bionic yang ditemukan di iPhone 15 dan 15 Plus.

Chip A18 juga menikmati dukungan untuk ray tracing yang dipercepat perangkat keras sehingga menghasilkan kinerja GPU hingga 40%. Apple memberikan frame rate lima kali lebih baik dibandingkan dengan ray tracing berbasis perangkat lunak. Berkat ini, iPhone 16 dan 16 Plus juga mendapatkan akses ke AAA yang sebelumnya hanya didukung pada model iPhone 15 Pro.

Secara sederhana, iPhone 16 menawarkan kinerja jauh lebih baik daripada pendahulunya. Jika bermain game mobile menjadi prioritas utama, maka memilih iPhone yang lebih baru dapat bernilai ekstra, terutama dalam jangka panjang. Chip A18 juga membuka pintu untuk fitur andalan berikutnya dari iPhone 16, yakni Apple Intelligence.

iPhone 16 mendukung Apple Intelligence


Meskipun baru berumur satu tahun, model iPhone 15 dan 15 Plus biasa tidak akan dapat membanggakan banyak fitur dengan Apple Intelligence. Cara terbaik untuk menikmati fitur AI di iPhone, saat ini melalui perangkat iPhone 16 dan 16 Plus yang baru. Khususnya fitur Alat Penulisan memungkinkan untuk cepat menata ulang, mengoreksi, atau meringkas teks dengan upaya minimal. Aplikasi Foto di iOS 18 menawarkan hasil pencarian yang lebih baik. Alat Bersihkan yang baru pada iPhone 16 juga menggunakan AI, memungkinkan untuk menghilangkan objek yang tidak diinginkan atau pengganggu foto dalam gambar.



Apple Intelligence juga menyederhanakan notifikasi, dan Apple Intelligence telah meningkatkan Siri, juga — membuatnya lebih sadar konteks daripada sebelumnya. Fitur yang lebih menyenangkan termasuk Image Playground dan Genmoji, keduanya memungkinkan pengguna untuk membuat gambar atau emoji menggunakan prompt khusus.

Meskipun fitur-fitur ini saja mungkin tidak menjamin peningkatan dari iPhone 15, mereka yang memutuskan antara dua generasi mungkin ingin mempertimbangkan iPhone 16 — karena Apple Intelligence akan tetap ada.

iPhone 16 mendapatkan dua tombol baru


Selain penambahan tombol Action yang dapat melakukan hampir semua hal, jajaran iPhone 16 hadir dengan Camera Control, input yang sepenuhnya baru terletak di bawah tombol daya. Seperti namanya, tombol kamera ini akan cepat meluncurkan aplikasi kamera dan mengambil foto dengan satu klik, atau video dengan menekan lama.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1532 seconds (0.1#10.140)