Hacker Anti Israel Bocorkan Puluhan Ribu Data Rahasia Haaretz

Minggu, 25 Agustus 2024 - 10:55 WIB
loading...
Hacker Anti Israel Bocorkan...
Puluhan ribu data rahasia Haaretz bocor. FOTO/ DAILY
A A A
JERUSALEM - Peretas anti Israel telah merilis sejumlah besar data rahasia di tengah perjuangan Israel untuk melawan aksi pencurian data.



Seperti dilansir dari harian Israel Haaretz melaporkan kebocoran tersebutmelibatkan puluhan ribu dokumen sensitif dan email yang dicuri dari lembaga-lembaga Israel, termasuk Kementerian Kehakiman.

Serangan yang dimulai pada 7 Oktober 2023 itu telah menargetkan berbagai entitas, mulai dari kontraktor militer dan pertahanan hingga rumah sakit dan kementerian pemerintah. Skala pelanggaran tersebut telah membuat infrastruktur keamanan siber Israel kewalahan.

"Tingkat kerusakan sebenarnya pada keamanan dan ekonomi Israel yang disebabkan oleh kebocoran ini belum sepenuhnya diketahui," ungkap seorang sumber yang dekat dengan penyelidikan tersebut.

"Meskipun telah ada investasi besar-besaran dalam langkah-langkah keamanan siber yang defensif, skala kebocoran tersebut kemungkinan merupakan yang paling parah dalam sejarah Israel -- penjarahan yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap informasi dalam jumlah besar."

Data yang bocor tersebut muncul di platform seperti Telegram, yang memicu serangkaian upaya pemblokiran oleh otoritas Israel. Namun, kebijakan moderasi Telegram yang terbatas telah mempersulit upaya ini.

“Telegram muncul pada awal perang sebagai platform utama yang dimanfaatkan oleh perang informasi Hamas melawan Israel, yang mana Israel tidak mampu mengatasinya dengan baik, karena kurangnya kemampuan pemantauan dan pemahaman mengenai platform tersebut,” Haaretz melaporkan.

Israel telah berupaya mengurangi kerusakan melalui langkah hukum dan negosiasi langsung dengan raksasa teknologi seperti Google, Amazon, dan Meta. Namun, para peretas telah beradaptasi dengan menggunakan layanan hosting terdesentralisasi dan "domain bawang" yang mengaburkan sumber data dan menghambat upaya penghapusan.

Israel melanjutkan serangan brutalnya di Jalur Gaza menyusul serangan Hamas pada 7 Oktober 2023.

Konflik tersebut telah mengakibatkan lebih dari 40.170 kematian warga Palestina, sebagian besar wanita dan anak-anak, dan lebih dari 92.740 cedera, menurut otoritas kesehatan setempat.

Blokade Gaza yang terus berlanjut telah mengakibatkan kekurangan makanan, air bersih, dan obat-obatan yang parah, sehingga sebagian besar wilayah hancur.

Israel menghadapi tuduhan genosida di Mahkamah Internasional, yang telah memerintahkan penghentian operasi militer di kota selatan Rafah, tempat lebih dari satu juta warga Palestina mencari perlindungan sebelum daerah itu diserbu pada 6 Mei.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1807 seconds (0.1#10.140)