Review Bose Ultra Open Earbuds: Earbuds Terbuka yang Bikin Geleng-Geleng Kepala

Jum'at, 16 Agustus 2024 - 14:00 WIB
loading...
Review Bose Ultra Open...
Bose Ultra Open Earbuds memberikan pilihan baru bagi para penggemar audio dan tech savvy. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Bose Ultra Open Earbuds hadir sebagai solusi inovatif bagi mereka yang ingin menikmati musik berkualitas tinggi sambil tetap terhubung dengan lingkungan sekitar. Dengan desain open-ear yang unik, earbuds ini memberikan pengalaman audio imersif.

SINDONews sebenarnya sudah tidak asing dengan headphone bone conducting yang mengalirkan getaran suara melalui tulang pipi. Ada banyak sekali pilihan model dan harganya, mulai Rp300 ribuan hingga lebih dari Rp2 juta.

Keunggulan headphone bone conducting adalah tidak menutup lubang telinga. Sehingga praktis saat dipakai untuk olah raga atau bahkan bekerja di ruangan. Karena Anda masih bisa mendengar suara sekeliling, termasuk saat ada rekan kerja yang bertanya.

Kelemahannya: headphone bone conducting tidak nyaman dipakai dalam waktu lama dan kualitas suaranya “so-so” alias biasa saja.

Termasuk saat dipakai untuk menelpon. Suara terasa kecil dan terkadang tidak jelas. Kekurangan lainnya ukuran yang tidak ringkas karena dipakainya menggantung di kedua telinga.

Bose Ultra Open Earbuds jadi solusi sekaligus tren baru: ukurannya tak jauh beda dengan earbuds biasa, tidak menghalangi lubang teling, nyaman dikenakan dalam jangka waktu lama, dan kualitas suara tetap terjaga.

Unboxing Bose Ultra Open Earbuds
Review Bose Ultra Open Earbuds: Earbuds Terbuka yang Bikin Geleng-Geleng Kepala

Begitu membuka kotak Bose Ultra Open Earbuds memang cukup membingungkan. Ukurannya sebesar earbuds normal, tapi tidak dimasukkan di lubang telinga. Tanpa membaca manual, SINDONews mencoba menempelkan perangkat tersebut ke tepi luar telinga dan mencari posisi yang pas.

Dan ternyata tidak mudah. Karena tidak ada “lokasi pasti”. Bisa menggantung sejajar dengan lubang telinga, atau sedikit ke bawah. Mana yang benar?

Setelah mengunduh aplikasi dan melihat buku manual, ternyata memang ada posisi yang pas untuk memakainya. Yakni ada di tepi luar telinga Anda, mirip dengan perhiasan manset telinga. Disitulah kualitas suara bisa optimal.

Kualitas Suara Imersif ala Bose
Review Bose Ultra Open Earbuds: Earbuds Terbuka yang Bikin Geleng-Geleng Kepala

Seperti SINDONews sebut diatas, kelebihan earbuds dengan lubang telinga terbuka atau open ear juga jadi kekurangannya. Earbuds tipe ini akan tidak nyaman ketika dipakai di tempat bising seperti kereta commuterline, tapi akan nyaman sekali ketika digunakan di tempat yang hening.

SINDONews harus angkat jempol terhadap inovasi Bose yang bisa menghadirkan audio imersif yang bisa menghasilkan suara secara 3 dimensi. Ini unik dan belum pernah ada sebelumnya.

Suara yang terdengar terasa tebal, tidak berbeda seperti sedang mendengarkan earbuds. Anehnya, lubang telinga tetap terbuka.

Lebuh unik lagi, ada beberapa mode yang bisa dimainkan. Misalnya, mode “still” untuk menciptakan efek suara yang menetap di satu titik. Atau, mode “motion” yang menghasilkan efek suara bergerak mengikuti gerakan.

Bose memang dikenal dengan kualitas audionya, dan di Bose Ultra Open Earbuds mereka dapat membuktikan hal itu.

Dikenakan Sepanjang Hari?
Review Bose Ultra Open Earbuds: Earbuds Terbuka yang Bikin Geleng-Geleng Kepala

Seperti klaimnya, SINDONews bisa mengenakan earbuds open-ear ini dalam jangka waktu lebih lama dibanding earbuds normal. Bisa 3-4 kali lebih lama. Tapi, mungkin tidak sepanjang hari seperti klaim Bose. Tetap ada waktu jenuhnya.

Dan ada alasan mengapa Bose Ultra Open Earbuds bisa nyaman dipakai lebih lama. Pertama, karena desain open earbuds yang tidak menutup lubang telinga sepenuhnya kita bisa beraktivitas normal.

Review Bose Ultra Open Earbuds: Earbuds Terbuka yang Bikin Geleng-Geleng Kepala

Kedua, berat hanya 6.35 gram per 1 earbud. Ini bukan yang paling ringan. Tapi, justru karena posisinya yang menggantung yang membuat Bose Ultra Open Earbuds tetap nyaman dikenakan dalam waktu lama.

Review Bose Ultra Open Earbuds: Earbuds Terbuka yang Bikin Geleng-Geleng Kepala

Daya tahan baterainya pun lumayan. Klaimnya adalah 7.5 jam untuk mendengarkan musik atau 4.5 jam saat mengaktifkan mode Immersive Audio, dengan waktu standby hingga 48 jam. Untuk on-the-go charging menggunakan charging case, total bisa menikmati musik hingga 19.5 jam atau 12 jam dengan mode Immersive Audio.

Yang jelas, dengan penggunaan setiap hari SINDONews baru butuh untuk ngecas charging case di hari kelima.

Bose Ultra Open Earbuds juga sudah memiliki sertifikasi IPX4 dengan acoustic mesh untuk melindungi perangkat dari cipratan air maupun debu. Jadi tidak masalah untuk dipakai olah raga.

Bose Music App
Review Bose Ultra Open Earbuds: Earbuds Terbuka yang Bikin Geleng-Geleng Kepala

Seperti halnya earbuds lainnya, Bose Ultra Open Earbuds juga optimal ketika dioperasikan dengan Bose Music App. SINDONews cukup kagum bagaimana pengguna bisa melakukan cukup banyak kustomisasi audio dengan teknologi baru seperti ini.

Pengguna, misalnya bisa memilih mode stereo atau Immersive Audio, mengangkat telepon hanya dengan satu tombol, hingga Auto Volume yang dapat menyesuaikan volume secara dinamis berdasarkan kondisi kebisingan sekitar.

Favorit SINDONews, tentu saja bereksperimen dengan adjustable EQ. Pengguna bisa mengatur level bass, mid-range, treble, mengecek status baterai. Perangkat ini bisa terkoneksi ke 6 devices sekaligus.

Lewat konektivitas Bluetooth 5.3, smartphone dapat terhubung dengan konektivitas jarak hingga 9.1m.

Kesimpulan
Review Bose Ultra Open Earbuds: Earbuds Terbuka yang Bikin Geleng-Geleng Kepala

Bose Ultra Open Earbuds ideal untuk penggemar Bose yang mungkin sedang mencari earbuds open-ear yang proper. Mereka yang aktif berolah raga, senang mendengarkan musik, juga sangat peduli terhadap kualitas sound. Tentu, biasanya konsumen seperti ini sudah memiliki atau sudah mencoba berbagai jenis audio di pasaran.

Bose Ultra Open Earbuds memang memberikan solusi dan inovasi baru terhadap tren earbuds open-ear. Tapi, yang jelas tidak untuk semua orang.

Kelebihan Bose Ultra Open Earbuds

- Desain Open-Ear Nyaman: dapat mendengarkan musik selama berjam-jam dan beraktivitas normal.

- Teknologi OpenAudio: Memungkinkan tetap mendengar suara di sekitar, seperti lalu lintas atau percakapan, sambil tetap menikmati musik.

- Bose Immersive Audio: Menciptakan pengalaman audio 3D imersif. Ada mode "still" untuk efek suara tetap atau mode "motion" untuk efek suara bergerak.

- Daya Tahan Baterai Lama: Bose Ultra Open Earbuds dapat digunakan untuk mendengarkan musik hingga 7,5 jam atau 4,5 jam dengan mode Immersive Audio aktif.

- Kemudahan Penggunaan: Earbuds memiliki kontrol sentuh intuitif. Fitur Auto Volume otomatis menyesuaikan volume berdasarkan tingkat kebisingan sekitar.

- Tahan Air dan Debu (IPX4): Tidak perlu khawatir tentang keringat atau hujan ringan karena earbuds ini memiliki sertifikasi IPX4.
- Konektivitas Bluetooth 5.3: Konektivitas Bluetooth yang hingga 9,1 meter.

- Aplikasi Bose Music: pengaturan equalizer cukup banyak.


Kekurangan Bose Ultra Open Earbuds

- Tidak Ada Peredam Kebisingan Aktif (ANC): Earbuds ini tidak memiliki fitur ANC.

- Riskan Jatuh: Karena hanya menempel di tepi telinga, agak riskan untuk dipakai olah raga dengan gerakan yang tinggi dan cepat.
- Harga Mahal: Bose Ultra Open Earbuds dibanderol dengan harga yang cukup tinggi, yakni Harga:Rp4.999.000
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1252 seconds (0.1#10.140)