Zoho Workplace vs Microsoft 365, Mana yang Lebih Sesuai untuk Bisnis di Indonesia?

Rabu, 07 Agustus 2024 - 20:47 WIB
loading...
A A A
Di sisi lain, Microsoft 365 secara riil memang cenderung lebih mahal, mencerminkan rangkaian alat yang luas dan fitur tingkat entreprise. Untuk bisnis yang tidak memerlukan fitur advance seperti korporasi besar, investasi yang dikeluarkan akan jauh lebih besar. Hal ini dikarenakan biaya yang dikeluarkan akan mencakup fitur advance yang seringkali tidak terpakai.

Integrasi dan Kompatibilitas

Zoho Workplace telah terintegrasi dengan berbagai aplikasi buatan Zoho dan pihak ketiga. Kemampuan untuk terhubung dengan berbagai tools dan platform memungkinkan bisnis menciptakan alur kerja yang disesuaikan, bahkan untuk kebutuhan unik sekalipun.

Zoho memiliki lebih dari 55 software untuk memenuhi segala keperluan bisnis, mulai dari sales marketing, layanan pelanggan, HR, hingga kebutuhan tim IT.

Begitupun dengan Microsoft 365. Kemampuan integrasinya cukup luas, terutama dalam ekosistem Microsoft. Juga, mendukung integrasi dengan banyak aplikasi pihak ketiga, sehingga memberikan bisnis fleksibilitas untuk membangun ruang kerja digital yang disesuaikan dan kohesif.

Kesimpulan

Di Indonesia, nama Microsoft memang sangat populer lantaran rata-rata masyarakat kita memulai perjalanan teknologi mereka dengan nama itu. Namun, untuk kebutuhan bisnis, dengan luasnya kemampuan integrasi plus harga yang jauh lebih murah, Zoho Workplace memang menjadi alternatif Microsoft 365 yang tepat untuk bisnis.

Misalnya, Microsoft 365 tidak memiliki platform media sosial internal seperti Zoho Connect, yang memudahkan karyawan di perusahaan untuk saling terhubung.

Layaknya media sosial, di Zoho Connect, karywan bisa bebas berdiskusi bahkan secara anonim, membuat forum, menggelar townhall, mengadakan event dan masih banyak lagi.

Selain itu, Zoho Workplace juga menawarkan aplikasi native untuk desktop seperti Zoho Trident yang meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja. Dengan Zoho Trident, Anda cukup membuka satu aplikasi di desktop untuk membuka email, kalender, menulis catatan, menelpon rekan kerja dan masih banyak lagi. Sehingga, Anda tidak perlu lagi membuka tutup banyak aplikasi atau software pada komputer untuk mengerjakan beberapa pekerjaan kantor sekaligus.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1304 seconds (0.1#10.140)