Robot AI untuk Menjawab Pertanyaan Soal Agama Islam Dikenalkan

Kamis, 13 Juni 2024 - 14:54 WIB
loading...
Robot AI untuk Menjawab Pertanyaan Soal Agama Islam Dikenalkan
Robot AI untuk Menjawab Pertanyaan Soal Agama Islam . FOTO/ AFP
A A A
MADINAH - Kepresidenan Urusan Agama Masjidil Haram dan Masjid Nabawi kembali menorehkan prestasi dalam memberikan pelayanan kepada umat Islam dengan memperkenalkan robot pemandu pintar yang mampu menjawab pertanyaan terkait agama dan fatwa.



Menurut laporan Kantor Berita Arab Saudi (SPA), robot kecerdasan buatan ini menawarkan layanan fatwa dalam 11 bahasa sehingga menunjukkan kemajuan signifikan terkini yang dilakukan Kepresidenan Urusan Agama Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Sebelas bahasa yang digunakan robot tersebut adalah Arab, Inggris, Prancis, Rusia, Persia, Turki, Melayu, Urdu, China, Bengali, dan Hausa.

Setiap robot memiliki kamera definisi tinggi untuk perekaman panorama, speaker dan teknologi peredam bising untuk suara yang lebih jernih dan mikrofon berkualitas tinggi untuk memastikan audio yang lebih baik, menurut laporan tersebut.

Robot tersebut akan berkeliaran di sekitar halaman Masjidil Haram untuk menjalankan fungsinya. Robot tersebut sangat populer di kalangan jamaah haji dan umrah dengan membantu menjawab berbagai pertanyaan seputar agama, demikian bunyi laporan tersebut.

Setiap robot juga dilengkapi dengan layar sentuh berukuran 21 inci yang dapat digunakan untuk berbagai layanan penting kepada pengunjung Masjidil Haram seperti petunjuk, arahan, dan pendapat.

Dilengkapi dengan empat roda memungkinkan robot untuk bergerak dan berhenti dengan lancar selain beroperasi secara nirkabel dan dengan kecepatan 5GHz sehingga memungkinkan transfer data yang cepat dan efisien serta memberikan layanan fatwa.

Inisiatif ini merupakan bagian dari upaya investasi pada teknologi modern dan kecerdasan buatan (AI) yang menjadi inti strategi peningkatan layanan bagi jamaah.

“Kepresidenan juga bermaksud untuk menawarkan layanan fatwa secara elektronik sejalan dengan ajaran Islam yang bercirikan toleransi dan inklusi,” menurut laporan itu.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8912 seconds (0.1#10.140)
pixels