Windows 11 Tidak Akan Melacak Aktivitas Anda Jika Tanpa Persetujuan

Minggu, 09 Juni 2024 - 07:56 WIB
loading...
Windows 11 Tidak Akan Melacak Aktivitas Anda Jika Tanpa Persetujuan
Microsoft siapka Windows 11 dengan berteknologi AI. FOTO/ DAILY
A A A
NEW YORK - Microsoft telah memperbarui fitur "Recall" di Windows 11 yang akan merekam semua aktivitas Anda di PC, menjadikannya fitur opsional. Hal ini dilakukan setelah mendapat kritikan dari para pakar keamanan dan privasi yang menyebut fitur ini sebagai "mimpi buruk" privasi.



Seperti dilansir dari The Verge Minggu (9/6/2024), awalnya, Recall diaktifkan secara default di PC Copilot Plus, sebuah layanan berlangganan baru yang diluncurkan Microsoft bulan lalu. Fitur ini menggunakan AI untuk melacak aktivitas Anda di PC dan memungkinkan Anda untuk "memundurkan waktu" dan melihat apa yang telah Anda lakukan.

Namun, banyak orang yang mengkhawatirkan implikasi privasi dari Recall. Para kritikus berpendapat bahwa fitur ini dapat disalahgunakan untuk melacak dan memantau orang tanpa sepengetahuan atau persetujuan mereka.

Menanggapi kekhawatiran tersebut, Microsoft telah membuat beberapa perubahan pada Recall. Berikut adalah perubahannya:

Recall sekarang dinonaktifkan secara default. Anda harus secara proaktif mengaktifkannya selama proses penyiapan PC Copilot Plus.

Microsoft telah menambahkan kontrol yang lebih granular untuk Recall. Anda dapat memilih untuk mengecualikan aktivitas tertentu dari pelacakan, seperti kata sandi yang Anda ketikkan atau file yang Anda buka.

Microsoft juga telah memperbarui kebijakan privasinya untuk menjelaskan dengan lebih baik bagaimana data Recall dikumpulkan dan digunakan.

Perubahan ini diharapkan dapat mengatasi beberapa kekhawatiran privasi seputar Recall. Namun, beberapa orang masih skeptis terhadap fitur tersebut dan percaya bahwa itu masih merupakan risiko privasi yang signifikan.

Keputusan untuk menggunakan Recall terserah Anda. Jika Anda khawatir tentang privasi, Anda harus menonaktifkannya. Namun, jika Anda merasa fitur ini dapat membantu Anda menjadi lebih produktif, Anda dapat mengaktifkannya dan melihat bagaimana cara kerjanya.

Penting untuk diingat bahwa Anda selalu dapat mengontrol data Anda. Anda dapat meninjau dan menghapus data Recall yang telah dikumpulkan Microsoft kapan saja.

Berikut adalah beberapa sumber tambahan yang dapat Anda baca untuk mempelajari lebih lanjut tentang Recall:
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1467 seconds (0.1#10.140)
pixels