Manfaat Identitas Digital, Salah Satunya Cegah Penipuan Online

Senin, 03 Juni 2024 - 17:37 WIB
loading...
Manfaat Identitas Digital, Salah Satunya Cegah Penipuan Online
Implementasi identitas digital sangat penting dilakukan. (Foto: Annastasya Rizqa)
A A A
JAKARTA - Kasus penipuan online hingga malware akhir-akhir ini semakin marak. Salah satu penyebab meningkatnya kasus penipuan berbasis online itu lantaran adanya kebocoran data hingga lemahnya verifikasi data pribadi. Untuk itu, implementasi identitas digital sangat penting dilakukan.

Deputi Bidang Keamanan Siber dan Sandi Pemerintahan dan Pembangunan Manusia BSSN Sulistyo menyatakan identitas digital bisa jadi fondasi untuk membangun sistem digitalisasi yang aman dan terpercaya.

“Identitas digital adalah fondasi penting dalam membangun ekosistem digital yang aman dan terpercaya. Ini penting untuk memelihara siklus hidup sebuah identitas digital,” kata Sulistyo di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (3/6/2024).

Marshall Pribadi, Wakil Kepala Badan Ekonomi dan Financial Technology Kadin Indonesia juga menjabarkan pentingnya implementasi identitas digital ini, salah satunya dari tanda tangan digital.



Marshall menjabarkan, publik perlu memahami perbedaan antara tanda tangan elektronik dan digital yang masih sering tertukar. “Kalau tanda tangan elektronik itu cuma yang kita klik centang ‘saya setuju’, atau input kode OTP. Kalau tanda tangan digital ini sudah pasti tersertifikasi atau menggunakan infrastukur dan sertifikat elektronik,” katanya.

Marshall menjelaskan identitas digital khususnya tanda tangan digital penting untuk keamanan siber masyarakat. Penggunaan identitas digital ini membuat verifikasi data diri semakin akurat dan tak sembarang digunakan oleh pihak tak bertanggung jawab. Cara ini juga dapat mengantisipasi adanya pemalsuan hingga penipuan online yang semakin banyak terjadi akibat maraknya kebocoran data.



“Ya kalau enggak pakai tanda tangan elektronik tersertifikasi alias tanda tangan digital tadi, ya soal-soal pemalsuan makin banyak. Karena, kalau makin banyak tanda tangan elektronik tapi kita enggak menggunakan metode yang benar, pasti akan ada banyak sengketa dan penipuan,” tuturnya.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2466 seconds (0.1#10.140)
pixels