Koperasi Digital Ciptakan Platform Meeting Online untuk Koperasi

Jum'at, 01 Mei 2020 - 14:18 WIB
loading...
Koperasi Digital Ciptakan Platform Meeting Online untuk Koperasi
komunitas Koperasi Digital (Kodi) berkreasi menciptakan platform meeting digital serupa zoom, bernama Kodi.id. melalui https:/meet.kodi.id,
A A A
JAKARTA - Platform meeting digital yang saat ini populer dan banyak dimanfaatkan oleh seluruh lapisan masyarakat adalah aplikasi zoom meeting. Aplikasi ini dianggap mampu menjawab keterbatasan ruang gerak antar manusia akibat pemberlakuan kebijakan pembatasan jarak sosial (social/physical distancing),work from home (WFH) dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Keadaan ini lantas tak menyurutkan kreativitas sekelompok anak muda Indonesia yang berasal dari komunitas Koperasi Digital (Kodi) untuk berkreasi dan menciptakan platform meeting digital serupa zoom, bernama Kodi.id. Melalui website https://meet.kodi.id, platform meeting online ini diklaim jauh lebih unggul dari aplikasi zoom karena memiliki program digitalisasi koperasi untuk meng-upgrade kualitas koperasi di Indonesia.

Inra Sumahamijaya selaku founder Kodi.id mengatakan, ide awal menciptakan aplikasi ini dilatarbelakangi ingin membantu pelaku-pelaku koperasi yang terbatas ruang gerak akibat kebijakan pemerintah dalam mengurangi penyebaran Covid-19.

“Makanya kami inisiatif membuat sendiri platform dalam negeri yang bisa dipakai gratis oleh koperasi-koperasi. Ini baru kurang lebih seminggu kita buatkan dan alhamdulillah sudah puluhan yang menggunakan,” kata Inra.

Aplikasi meeting ini dapat dipakai oleh pelaku koperasi untuk berbagai kegiatan. Mulai dari rapat online, Rapat Anggota Tahunan (RAT) online, diskusi atau seminar online (webinar), maupun telekonferensi. “Kita servernya fleksibel, kebetulan kita dapat dukungan dari google, apabila dinilai kurang, kita bisa tambahkan sendiri servernya,” jelasnya.

Inra menambahkan, untuk tahap pengenalan, platform digital ini dibuat gratis. Rencananya pada bulan Agustus 2020 nanti, pihaknya menyiapkan konsep berbayar yang dijanjikan bakal diisi dengan fitur-fitur lengkap. Bahkan diproyeksikan bakal melebihi apa yang dimiliki aplikasi zoom saat ini.

“Untuk tahap awal ini kita lebih kepada kerja sosial karena kita juga mendapat dukungan dari Mohammad Hatta Center (MHC). Jadi untuk fasenya seperti itu, kita akan berencana untuk roll up untuk premium dengan fitur lengkap di bulan Agustus itu bisa berbayar,” ujar dia.

Keunggulan

Inra mengklaim platform digital buatan mereka memiliki banyak keunggulan jika dibanding dengan para pesaingnya. Aplikasi Zoom misalnya belakangan justru didominasi dengan pemberitaan negatif salah satunya dari aspek keamanan data pengguna. Inra jamin tidak ada data yang bocor dari platform Kodi.id.

“Pertama kita gak ambil data apapun. Kedua, memang platform tidak bisa direkam jadi gak ada kebocoran karena memang gak ada data yang disimpan,” paparnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2249 seconds (0.1#10.140)