Elon Musk Tiba di Bali, Luhut Klaim Internet Starlink Siap Jangkau Pelosok Indonesia

Minggu, 19 Mei 2024 - 10:28 WIB
loading...
Elon Musk Tiba di Bali, Luhut Klaim Internet Starlink Siap Jangkau Pelosok Indonesia
Elon Musk. FOTO/ ABC NEWS
A A A
BALI - Bos besar Tesla dan SpaceX Elon Musk tiba di bandara Ngurah Rai Bali pada Minggu (19/5/2024). Elon Musk langsung disambut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.



"Setelah 2022 lalu absen di gelaran KTT G20, hari ini CEO SpaceX sekaligus Tesla Inc Elon Musk tiba di Bali untuk memenuhi undangan kami pada perhelatan World Water Forum ke-10," kata Luhut dalam unggahan di Instagram pribadinya, Minggu (19/5/2024).

Elon Musk tampak menggunakan kaos berwarna abu-abu dengan balutan jas dan celana berwarna hitam.

Sementara Luhut menggunakan kemeja batik yang dominan berwarna cokelat dipadukan dengan celana warna hitam.

Luhut menjemput di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali sambil membicarakan beberapa agenda Elon Musk selama di Indonesia.

Salah satu agenda yang akan dilakukan yakni meresmikan layanan internet Starlink di salah satu puskesmas.

"Peresmian layanan internet Starlink yang mampu menjangkau hingga pelosok Indonesia. Peresmian peluncuran Starlink akan dilakukan Elon bersama Presiden @jokowi hari ini dai salah satu puskesmas di wilayah Denpasar, Bali," beber Luhut.

Melalui akses internet yang merata di seluruh provinsi, kata Luhut, digitalisasi dalam pemerataan layanan kesehatan dan pendidikan di Indonesia bisa terus meningkat.

Paling penting adalah masyarakat di daerah terpencil bisa menikmati internet cepat seperti di perkotaan.

"Masyarakat yang tinggal di daerah terpencil bisa menikmati akses informasi dan jaringan internet cepat sama seperti halnya mereka yang tinggal di wilayah perkotaan," ucapnya.

Kerja sama ini sebagai bentuk pemerataan di seluruh provinsi di Indonesia yang akan terintegrasi dengan pelayanan kesehatan dan pendidikan. Dengan begitu, kedua layanan ini diharapkan dapat terus meningkat.

Menko Luhut berharap melalui peluncuran Starlink ini, masyarakat di daerah terpencil bisa menikmati akses informasi dan jaringan internet secara cepat seperti dengan penduduk yang tinggal di kota besar.

Sebagai informasi, internet Starlink adalah layanan internet satelit yg dikembangkan oleh SpaceX yang merupakan perusahaan teknologi milik Elon Musk. Starlink ini menggunakan konstelasi satelit rendah bumi (LEO) untuk menyediakan akses internet berkecepatan tinggi ke berbagai daerah di seluruh dunia, terutama di daerah-daerah terpencil.

Hadirnya internet ini khususnya untuk membantu masyarakat Indonesia yang kurang mendapatkan akses layanan internet. Nantinya, pengguna Starlink hanya memerlukan perangkat penerima kecil yang dikenal sebagai “dish” untuk dapat terhubung ke jaringan satelit, dengan begitu masyarakat Indonesia dapat menikmati koneksi internet yang cepat dan andal.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1685 seconds (0.1#10.140)