Tantang Google, TikTok Uji Coba Mesin Pencari Bertenaga AI

Selasa, 14 Mei 2024 - 07:17 WIB
loading...
Tantang Google, TikTok Uji Coba Mesin Pencari Bertenaga AI
TikTok Uji Coba Mesin Pencari . FOTO/ SCMP
A A A
MENLO PARK - Berencana saingi Google, TikTok sedang bereksperimen dengan halaman hasil pencarian yang lebih canggih, yang memanfaatkan AI generatif. Fitur baru ini, yang tampaknya masih dalam tahap pengujian, disebut sorotan pencarian.



Seperti dilansir dari The Verge, cuplikan hasil AI muncul di bagian atas beberapa halaman hasil pencarian. Mengkliknya akan membuka halaman baru dengan tanggapan yang lebih lengkap.

Dalam pengujian singkat, ditemukan bahwa hasil AI tersedia untuk pertanyaan tentang resep atau topik seperti "laptop terbaik 2024."

Pada halaman hasil pencarian TikTok untuk "resep puding biji chia", hasil AI muncul di bagian atas. Mengklik hasil tersebut akan membawa pengguna ke halaman layar penuh.

Halaman yang menjelaskan hasil tersebut menunjukkan bahwa konten dibuat menggunakan ChatGPT dan TikTok menampilkannya "ketika [algoritme] menganggapnya relevan dengan pencarian Anda." Sejauh ini, fitur tersebut tampaknya terbatas, karena tidak semua pertanyaan memiliki jawaban AI.

Halaman hasil pencarian AI TikTok menunjukkan bahwa konten berasal dari ChatGPT dan algoritme menampilkan tanggapan jika relevan dengan pencarian.

Fitur serupa yang disebut "sorotan pencarian", yang tidak diberi label sebagai buatan AI, juga ada. Informasi ini juga muncul di bagian atas hasil pencarian, namun sumbernya tidak jelas, seperti apakah informasi tersebut merupakan ringkasan video atau diambil dari tempat lain. TikTok belum memberikan komentar terkait fitur-fitur ini.

Fitur ini masih dalam tahap pengujian dan belum tersedia untuk semua pengguna, cuplikan hasil AI ditampilkan di bagian atas beberapa halaman hasil pencarian.

Mengklik cuplikan hasil AI akan membuka halaman baru dengan tanggapan yang lebih lengkap, konten hasil AI dibuat menggunakan ChatGPT dan ditampilkan jika dianggap relevan dengan pencarian pengguna.

Fitur serupa yang disebut "sorotan pencarian" juga ada, namun sumber informasinya tidak jelas.

Secara keseluruhan, pengujian fitur pencarian bertenaga AI TikTok menunjukkan langkah platform media sosial ini untuk meningkatkan relevansi dan kegunaan hasil pencariannya.

Penggunaan AI generatif berpotensi memberikan pengalaman pengguna yang lebih personal dan informatif. Namun, penting untuk dicatat bahwa fitur ini masih dalam tahap awal pengembangan dan masih banyak ruang untuk perbaikan.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1223 seconds (0.1#10.140)