Waspada Elon Musk Palsu, Perempuan Korea Tertipu Ratusan Juta

Kamis, 25 April 2024 - 13:06 WIB
loading...
Waspada Elon Musk Palsu, Perempuan Korea Tertipu Ratusan Juta
Nama Elon Musk dicatut untuk menipu perempuan kaya asal Korea Selatan. (Foto: TNS)
A A A
JAKARTA - Nama bos Tesla Elon Musk dicatut untuk menipu seorang perempuan kaya dari Korea Selatan. Elon Musk palsu tersebut mengklaim bisa membuat perempuan itu lebih kaya lagi dengan membantunya menginvestasikan uangnya.

Penipu yang menyamar sebagai Musk berteman dengan perempuan itu di Instagram. Si penipu mengaku menghubungi korbannya secara acak. Begitu pula perempuan Korsel yang mengaku kehilangan Rp 810 juta.

“Pada 17 Juli tahun lalu, Musk menambahkan saya sebagai teman di Instagram. Meskipun saya penggemar berat Musk setelah membaca biografinya, saya awalnya ragu,” kata perempuan yang menolak memberikan nama aslinya, kepada penyiar Korea Selatan KBS dalam wawancara “In Depth 60 Minutes” yang ditayangkan pada 19 April.

The Korea Herald melansir, Kamis (25/4/2024) korban mulai percaya bahwa dia sedang berbicara dengan Elon Musk yang asli setelah orang yang dia ajak bicara mengiriminya foto-foto ID Musk dan gambar dirinya di tempat kerja. “Penipu berbicara tentang anak-anaknya dan tentang naik helikopter untuk bekerja di Tesla atau Space X,” kata perempuan tersebut.



Elon Musk palsu itu bahkan membagikan detail tentang pertemuan yang dilakukan Musk asli dengan Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol pada April 2023. Penipu itu mengatakan Yoon memberi tahu Musk untuk membangun Gigafactory Tesla di Seoul dan Jeju.

“Musk bahkan berkata ‘Aku mencintaimu, tahukah kamu itu?’ ketika kami melakukan panggilan video,” kata perempuan itu, merujuk pada panggilan video dengan apa yang kemungkinan besar merupakan deepfake dari Musk.



Perempuan itu mengatakan penipu tersebut akhirnya berhasil meyakinkannya untuk mentransfer uang ke rekening bank yang diklaim milik salah satu karyawan Korea miliknya. Penipuan atas nama cinta juga merupakan masalah yang sangat nyata di AS. Menurut Komisi Perdagangan Federal, penipu cinta berhasil meraup Rp 21 miliar dari korban pada 2022.

Insiden ini juga bukan yang pertama kali seseorang berharap mendapatkan ketenaran atau kekayaan dengan memanfaatkan nama Musk. Di China, seorang doppelgänger atau orang yang mirip Musk bernama Yilong Ma telah memposting video dirinya di TikTok.

Video tersebut telah menarik perhatian Elon Musk , yang mempertanyakan apakah Ma orang sungguhan. "Saya ingin bertemu orang ini (jika dia nyata). Sulit untuk mengatakan dengan deepfake akhir-akhir ini,” kata Musk tentang Ma dalam sebuah posting X pada Mei 2022.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1967 seconds (0.1#10.140)