Beredar Video Palsu Presiden Ukraina Pakai Kokain Ketika Bicara dengan Elon Musk

Kamis, 28 April 2022 - 08:33 WIB
loading...
Beredar Video Palsu Presiden Ukraina Pakai Kokain Ketika Bicara dengan Elon Musk
Perbandingan dari dua video menunjukkan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dalam sebuah posting di Twitter yang diunggah Elliot Higgins, pendiri dan direktur kelompok jurnalisme investigasi Bellingcat. Foto/Twitter @EliotHiggins/Dailydot
A A A
KIEV - Sebuah video yang beredar online menunjukkan bubuk putih di atas meja Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy selama panggilan konferensi dengan CEO Tesla Elon Musk. Tetapi video itu, yang dibagikan secara luas oleh akun pro-Rusia, tidak lebih dari aksi disinformasi.

Dikutip SINDOnews dari laman Dailydot, rekaman itu menjadi viral pada hari Senin 25 April 2022 setelah diposting ke TikTok, di mana pengguna melihat video lebih dari 750.000 kali. Klip pendek, yang terlihat seperti tangkapan layar dari Facebook, sekarang dikutip oleh banyak orang sebagai bukti bahwa Zelenskyy memiliki kokain.

Pengguna di komentar tampak yakin bahwa rekaman itu nyata dan menggunakan kesempatan itu untuk mengkritik presiden Ukraina. “Tidak, tidak, ini salah dan berbahaya bagi seseorang yang memimpin negara selama perang dan kehidupan jutaan orang terkait dengan keputusannya,” tulis seorang pengguna dalam bahasa Inggris.



Video itu juga hadir di Facebook, di mana pengguna merujuk teori konspirasi QAnon-berdekatan dalam kecaman mereka terhadap Zelenskyy.

“Jika bukan Adrenechrone, maka Kokain adalah pilihan dari SEMUA yang menyimpang, menyimpang secara seksual, Zelensky seperti kebanyakan orang Eropa, dan terutama armada Eropa Timur,” tulis seorang pengguna.

Terlepas dari tanggapan berbagai pengguna media sosial, video tersebut tidak dapat disangkal telah dimanipulasi. Elliot Higgins, pendiri dan direktur kelompok jurnalisme investigasi Bellingcat, juga menunjukkan perbandingan dari dua video dalam sebuah posting di Twitter dan telah disaksikan lebih dari 1,6 juta kali.



Rekaman itu awalnya diposting ke akun Instagram terverifikasi Zelenskyy pada 5 Maret 2022, tidak ada bubuk seperti itu dalam video definisi tinggi asli. Video pertemuan Zelensky dengan Musk juga banyak diliput oleh berbagai media saat itu.

Insiden itu jauh sejak pertama kalinya Zelenskyy menjadi sasaran video palsu dalam rekaman yang diubah sejak invasi Rusia ke Ukraina. Baru bulan lalu sebuah deepfake Zelensky yang dibuat dengan buruk yang meminta tentaranya untuk meletakkan senjata mereka juga menyebar secara online.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1862 seconds (0.1#10.140)