Mengenal Tombol Capture di iPhone Terbaru

Rabu, 24 April 2024 - 09:00 WIB
loading...
Mengenal Tombol Capture di iPhone Terbaru
Apple dikabarkan bakal menyematkan jenis tombol kapasitif alias non-fisik pada iPhone 16. (Foto: Future)
A A A
JAKARTA - Spekulasi mengenai fitur tombol capture di seri iPhone Apple mulai terkuak. Apple bakal menyematkan jenis tombol kapasitif alias non-fisik pada iPhone 16.

Sebelum peluncurannya, iPhone 15 Pro diprediksi akan mendapatkan tombol volume dan daya kapasitif. Namun, Apple dilaporkan membatalkan keputusan tersebut karena keterbatasan waktu. Muncullab rumor bahwa iPhone 16 mungkin akan menampilkan tombol kapasitif yang dikenal secara internal sebagai tombol Capture.

Informasi terbaru menunjukkan bahwa keempat tombol iPhone 16 - yaitu tombol Action, tombol Daya, kedua tombol volume, dan tombol Capture yang misterius - pada semua modelnya akan menjadi kapasitif. Maka, Apple siap untuk meninggalkan tombol fisik tradisional sepenuhnya.

Melansir Tech Radar, Rabu (24/4/2024) mitra rantai pasokan Apple jangka panjang, Advanced Semiconductor Engineering (ASE) telah memenangkan pesanan produksi besar untuk sejumlah komponen iPhone 16 kapasitif. Nama kode internal Apple untuk transformasi kapasitif semua tombol iPhone 16, yaitu Project Bongo.



Sebelumnya, Project Atlas secara khusus merujuk pada transformasi kapasitif tombol Action. Perkembangan ini menunjukkan bahwa Apple akhirnya bergerak maju dengan perpindahan penuh ke tombol solid-state.

Economic Daily mengklaim bahwa ASE diperkirakan akan memasuki fase pengiriman besar-besaran pada kuartal ketiga. Tetapi lini iPhone 16 diperkirakan akan diluncurkan pada September 2024. Jadi kemungkinan informasinya masih belum valid.

Namun, hampir dipastikan bahwa iPhone 16 akan menampilkan beberapa jenis tombol kapasitif, tetapi belum bisa memastikan bahwa setiap tombol akan menjadi solid-state. Mungkin saja terjadi, mungkin juga tidak. Saat ini, hanya Apple yang tahu.



iPhone 16 selanjutnya akan dilengkapi dengan dua motor Taptic Engine yang memberikan umpan balik getaran saat tombol kapasitif apapun ditekan, mungkin mirip dengan tombol Home di iPhone SE (2022) atau trackpad di MacBook terbaik.

Sebelumnya, rumor mengisyaratkan motor Taptic Engine tunggal yang mendukung tombol kapasitif iPhone, tetapi terlepas dari apakah itu satu atau dua, tampaknya tingkat umpan balik yang dipicu oleh tombol ini akan terasa familiar bagi penggemar Apple lama.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2160 seconds (0.1#10.140)