Google Kembangkan Tombol Cari untuk Nomor Tak Dikenal di Android

Minggu, 07 April 2024 - 12:05 WIB
loading...
Google Kembangkan Tombol Cari untuk Nomor  Tak Dikenal di Android
Google. FOTO/ CNET
A A A
CUPERTINO - Google akhirnya menghadirkan fitur yang sangat simpel namun berguna, yaitu tombol "Cari" untuk mencari informasi nomor telepon tak dikenal langsung dari layar panggilan terakhir di Android.

BACA JUGA - Google Hapus 18 Fitur di Google Assistant

Seperti dilansr dari The Verge, Minggu (7/4/2024), fitur ini sudah lama dinanti pengguna dan seharusnya sudah tersedia sejak lama.

Seorang pengguna XDA Developers bernama AssembleDebug menemukan tombol "Cari" baru di versi beta aplikasi Google Phone. Ketika tombol ini ditekan, Google Penelusuran akan terbuka dengan nomor telepon yang sudah dimasukkan secara otomatis.

Meskipun aplikasi Google Phone merupakan aplikasi bawaan di ponsel Pixel, pengguna Android lain juga dapat mengunduhnya. Tombol "Cari" ini terletak di samping opsi lain seperti "Blokir" dan "Riwayat" saat Anda mengetuk panggilan terakhir di aplikasi Telepon.

Di era di mana banyak spam berasal dari nomor telepon palsu yang dibuat menyerupai panggilan lokal, fitur ini terasa terlambat hadir, namun tetap merupakan penambahan yang sangat bermanfaat.

Manfaat Tombol "Cari":

Mengidentifikasi spam dan robocalls.
Menemukan informasi tentang nomor telepon tak dikenal.
Mengecek reputasi nomor telepon sebelum mengangkatnya.
Melindungi diri dari penipuan dan pencurian data.
Ketersediaan Fitur:

Fitur tombol "Cari" ini masih dalam tahap pengembangan dan hanya tersedia di versi beta aplikasi Google Phone. Belum diketahui kapan fitur ini akan diluncurkan secara resmi untuk semua pengguna Android.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.1039 seconds (0.1#10.140)