Waspada Penipuan Online di Bulan Ramadan, Ini 12 Tips Jitu Hindari Sniffing

Jum'at, 05 April 2024 - 18:04 WIB
loading...
Waspada Penipuan Online di Bulan Ramadan, Ini 12 Tips Jitu Hindari Sniffing
Penipuan online di bulan Ramadan semakin marak, karena itu konsumen diimbau lebih hati-hati dalam bertransaksi. Foto: Alamy
A A A
JAKARTA - Salah satu modus penipuan yang paling disoroti oleh OJK di momen Ramadan 2024 adalah sniffing atau tindak peretasan melalui pesan singkat berbasis jaringan internet.

Lewat chat di WhatsApp, hingga media sosial, penjahat siber mengincar data-data penting korban seperti kata sandi email dan m-banking, informasi kartu kredit, serta masih banyak lainnya.

Blibli sendiri telah menyusun serangkaian tips jitu dalam mewaspadai tindak penipuan online lewat chat yang masuk ke perangkat kita. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

1. Tidak apatis terhadap risiko terjebak modus penipuan online

Seringkali kita menganggap diri sendiri paham dan peka dalam mengendus aksi penipuan online, sehingga melupakan bahwa praktik kejahatan ini terus berevolusi. Karena itu, jangan lengah atau bahkan mengabaikan risiko penipuan online hanya karena kita sudah terbiasa beraktivitas digital.

2. Selalu Update Informasi

Cari tahu secara berkala tentang risiko penipuan online seperti apa yang sedang marak terjadi, dan bagaimana cara menghindarinya.

3. Hindari asal klik foto, video, dokumen, atau tautan mencurigakan

Dalam melakukan aksinya, pelaku sniffing bisa mengirimkan berbagai bentuk tautan, foto, maupun file untuk mengecoh calon korbannya. Ketika menerima pesan berisi tautan dari nomor tidak dikenal via chatting, jangan langsung mengklik ataupun mengunduhnya.

4. Reset HP

Jika sudah terlanjur mengklik, kembalikan kondisi ponsel ke setelan pabrik (reset factory). Dalam kondisi ini, ubah data di semua akun aplikasi seperti Blibli yang menyimpan data pribadi nomor telepon, email, password, dan PIN.

5. Mengganti kata sandi

Meski sering dianggap merepotkan, namun mengganti kata sandi secara berkala pada semua aplikasi yang menyimpan data-data penting bisa jadi langkah preventif yang jitu dalam menghindari diri dari berbagai modus penipuan online, termasuk risiko sniffing.


6. Izin Akses Aplikasi

Perhatikan izin akses aplikasi saat tautan asing diinstal. Saat hendak menginstal suatu aplikasi dari tautan yang dikirim via chatting, penting untuk cek lebih dulu izin aksesnya.

Langkah ini bertujuan memastikan keamanan aplikasi yang diunduh, terutama jika muncul peringatan keamanan. Segera lapor ke pihak berwenang jika menemukan aktivitas mencurigakan dari kirimanpesansingkat.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2263 seconds (0.1#10.140)