Tumbuhkan Talenta Digital di Pesantren, Huawei Hadirkan Digisantri

Rabu, 27 Maret 2024 - 12:58 WIB
loading...
A A A
Melalui penyediaan perangkat telekomunikasi untuk kegiatan belajar mengajar, Huawei berupaya meningkatkan minat dan kesadaran digital di lingkungan pendidikan Islam dan pesantren memiliki peran penting sebagai motor transformasi digital di Indonesia.

Program Digisantri bertujuan meningkatkan kemampuan digital santri dan pesantren sehingga dapat beradaptasi terhadap pesatnya perkembangan teknologi dan informasi. Kegiatan ini juga sebagai bentuk dukungan pemerintah ciptakan talenta digital Indonesia masih membutuhkan 9 juta talenta digital hingga 2030 mendatang.

Kebutuhan talenta digital bukan sekedar adaptasi untuk memasuki industri 4.0 akan tetapi bagaimana membekali Indonesia untuk tingkatkan ekonomi digital di Indonesia. Hal ini tentu menjadi tugas pemerintah dalam memberikan informasi, dukungan serta wadah kepada anak-anak muda.

“Saya ingin memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Huawei Indonesia yang telah memberikan ruang bagi para santri untuk bisa mengenal lebih jauh bagaimana dunia digital. Kedepannya menjadi langkah atau strategi yang paling tepat bagaimana kita membekali anak-anak kita dengan literasi digital," ujar Abdul Haris selalu Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI dalam kesempatan yang sama.

Alhasil untuk ke depan, literasi digital juga akan menjadi perhatian pemerintah. Karena literasi digital ini memiliki peran penting untuk membantu anak-anak memahami risiko yang berkaitan dengan penggunaan teknologi dan mengambil tindakan yang tepat untuk melindungi diri mereka.

Program Digisantri tahun ini merupakan bagian dari pengembangan “Golden Indonesia Digital Talent”. Upaya Huawei dalam melatih generasi muda untuk meningkatkan kemampuan dan pemahaman digital ini mendapat apresiasi dari Abetnego Tarigan, Deputi II Bidang Pembangunan Manusia, Kantor Staf Presiden Republik Indonesia. Dia pun ikut mendorong semua pemangku kepentingan untuk meningkatkan pendidikan di bidang teknologi digital.

“Mudah-mudahan dukungan seperti ini dapat memperkuat memperkuat kemampuan kita di teknologi digital tidak hanya sebagai pengguna tetapi juga bisa menjadi yang punya inovasi dan kreativitas," ucapnya.

Abetnego berharap Huawei bisa terus memberikan dukungan dan kontribusi dalam memperkuat kemampuan SDM Indonesia dalam menguasai teknologi digital, tidak hanya sebagai pengguna tetapi bisa menjadi produk inovasi dan meningkatkan kreativitas.

Sebagai informasi, Program Digisantri menjadi bagian dari kegiatan Huawei Peduli Ramadan 1445 H. Huawei Indonesia mengundang 100 santriwati dari pesantren di Jabodetabek untuk mengikuti panel diskusi Women in Tech bertema “Pemberdayaan Perempuan di Era Digital untuk Indonesia Maju.”

Diskusi ini membahas prespektif perempuan dalam teknologi dan bagaimana memberdayakan perempuan muda untuk menjadi pemimpin masa depan, serta melihat era digital sebagai cakrawala baru untuk mengekplorasi lebih lanjut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6049 seconds (0.1#10.140)