Cara Membedakan iPhone Asli dan HDC: Jangan Sampai Tertipu!

Sabtu, 24 Februari 2024 - 20:37 WIB
loading...
Cara Membedakan iPhone Asli dan HDC: Jangan Sampai Tertipu!
Penjual yang tidak bertanggung jawab dapat mengelabui pembeli dan menjual HDC sebagai iPhone asli. Foto: HT Tech
A A A
JAKARTA - HDC (Handphone Copy Draw) adalah istilah untuk iPhone palsu yang didesain sangat mirip dengan aslinya. Penjual yang tidak bertanggung jawab dapat mengelabui pembeli dan menjual HDC sebagai iPhone asli.

Sebaiknya, beli iPhone di Apple Store resmi atau reseller resmi Apple. Dan seandainya Anda membeli iPhone seken, luangkan waktu untuk memeriksa dengan teliti.

Bandingkan dengan iPhone asli jika memungkinkan. Ingat, penjual HDC semakin pintar meniru iPhone asli. Jika Anda ragu dan pemeriksaan di atas tidak meyakinkan, sebaiknya tidak mengambil risiko dan membatalkan pembelian.

Agar tidak tertipu, berikut tips cara membedakan iPhone asli dan HDC:

1. Periksa Harga

Hati-hati jika harga iPhone jauh di bawah harga pasar, hampir pasti itu HDC. Apple menetapkan harga resmi yang cukup stabil untuk produk mereka.
Bandingkan pula harga jual iPhone asli bekas dengan kondisi serupa. Jika jauh lebih murah, berpotensi HDC.

2. Cek Fisik Secara Teliti

iPhone asli menggunakan material premium seperti aluminium dan kaca berkelas tinggi. Kualitas build sangat kokoh. Perhatikan bagian sambungan, tidak ada celah sedikitpun.

Nah, iPhone HDC biasanya menggunakan plastik yang terasa lebih ringan dan ringkih. Ciri yang bisa dicermati lainnya adalah logo Apel. Di iPhone asli, logo Apel sedikit menjorok ke dalam, tidak rata dengan permukaan.

Kemudian, cek juga tombol-tombol seperti power, volume, dan mute pada iPhone asli yang memiliki resistensi dan feedback saat ditekan. HDC biasanya terasa lebih lembek.

iPhone asli juga menggunakan port Lightning. Sementara HDC terkadang menggunakan micro USB atau bahkan USB Type-C.

3. Cek Nomor Seri dan IMEI

Masuk ke Settings > General > About. Cocokan Nomor Seri dengan kotak iPhone atau situs resmi Apple: https://checkcoverage.apple.com/. Nomor seri harus terdaftar secara resmi. IMEI sendiri bisa didapatkan dengan menekan kode dial *#06#. Cek validitasnya.


4. Periksa Sistem Operasi

iPhone hanya menggunakan iOS. Jika tampilannya seperti Android, sudah pasti palsu! iPhone asli hanya memiliki App Store, HDC kemungkinan menggunakan Google Play Store atau toko aplikasi tidak resmi. iOS terkenal akan fluiditasnya. Jika antarmuka atau aplikasi terasa lag, harus dicurigai.

5. Tes Fitur-Fitur Eksklusif iPhone

Coba aktifkan Siri, fitur ini ekslusif untuk iPhone asli. Coba juga Face ID/Touch ID, karena sensor sidik jari dan pengenalan wajah sangat responsif pada iPhone asli.Pastikan juga Anda dapat masuk ke akun iCloud. Semoga informasi ini membantu Anda membedakan iPhoneaslidanHDC!
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2289 seconds (0.1#10.140)