6 Aplikasi iPhone untuk Mempertajam Otak, Apa Saja?

Sabtu, 24 Februari 2024 - 13:00 WIB
loading...
6 Aplikasi iPhone untuk Mempertajam Otak, Apa Saja?
iPhone menyediakan banyak aplikasi untuk menjaga otak penggunanya tetap tajam. (Foto: Apple)
A A A
JAKARTA - Pengguna iPhone dimanjakan lewat berbagai aplikasi untuk melihat cuaca hingga streaming video. Namun, ada aplikasi yang paling menarik, yaitu untuk pelatihan otak membantu mencegah penurunan fungsi dan ingatan.

Slash Gear punya daftar aplikasi iPhone untuk mengasah otak yang direkomendasikan berdasarkan berbagai ulasan dari pengguna.

Berikut enam aplikasi iPhone untuk menjaga otak penggunanya tetap tajam:

1. Elevate


Pada 2014, Elevate memenangkan penghargaan Aplikasi Apple dan sejak itu, tidak menunjukkan tanda-tanda melambat. Tak ayal, aplikasi ini mendapat rating 4.8/5 dari lebih dari 400 ribu pengguna dan dapat digunakan secara gratis.

Pengguna memiliki pilihan untuk bermain game atau dapat menggunakan fitur belajar jika merasa kurang dalam suatu subyek tertentu. Subyeknya termasuk menulis, berbicara, membaca, matematika, dan ingatan. Setiap subyek dilengkapi dengan beberapa subtopik untuk dimajukan, jadi pengguna tidak akan kehabisan materi.

Setiap hari, pengguna akan menerima permainan yang dipersonalisasi berdasarkan penggunaan sebelumnya. Tiga tahap pertama dapat dimainkan secara gratis, dan akan memberi pengguna pilihan antara dua gaya sesi berbeda untuk difokuskan pada setiap permainan. Namun, jika pengguna ingin memainkan semua lima slot sesi pelatihan harian harus meningkatkan ke mode berlangganan. Ada tiga pilihan langganan seharga 9.99 dollar AS atau Rp 160 ribu per bulan, 39.99 dollar AS atau Rp600 ribu per tahun hingga 399.99 dollar AS atau Rp6 juta untuk seumur hidup.


2. Impulse


Aplikasi pelatihan otak lainnya yang populer dengan rating 4.7/5 dari lebih dari 500 ribu pengguna. Aplikasi ini menggunakan lencana sebagai sistem hadiah untuk mendorong pengguna untuk terus menggunakannya dan naik level. Ada beberapa permainan gratis yang dapat dimainkan dan tingkat teka-teki yang dapat dilalui.

Selain itu, ada tes yang dapat pengguna ambil untuk memeriksa beberapa hal seperti apakah pengguna seorang otak kiri atau kanan atau untuk mengetahui tingkat IQ. Namun, untuk membuka semua yang ditawarkan aplikasi seperti lebih banyak permainan, pengguna perlu mendaftar langganan antara 6.99 dollar AS atau Rp85 ribu per minggu atau 99.99 dollar AS Rp1,5 juta untuk seumur hidup.

Aplikasi ini juga akan menampilkan tantangan untuk membangkitkan minat kompetitif. Misalnya, pada Februari 2024, Impulse mengadakan The Artist Challenge bagi pengguna iPhone untuk menyelesaikan 100 level dalam permainan Draw One Line. Impulse juga tersedia dalam beberapa bahasa, sehingga merupakan aplikasi yang sangat inklusif.

3. Brain Test


Aplikasi ini gratis untuk diunduh dan dimainkan. Ada paket berbayar untuk menerima upgrade atau menghapus iklan, tetapi tidak diperlukan untuk bermain. Aplikasi ini menerima rating 4.8/5 dari lebih dari satu juta peninjau.

Sistemnya tidak seperti beberapa aplikasi pengujian otak yang memberi kategori yang berbeda. Pengguna hanya terus naik level dengan teka-teki baru untuk setiap level. Pengguna dapat memainkan aplikasi ini secara offline. Salah satu kelemahan dari aplikasi ini, yaitu bisa sedikit membingungkan untuk ditemukan pada awalnya karena sangat interaktif. Misalnya, dimulai dengan pertanyaan yang sangat sederhana, tetapi kemudian beberapa slide berikutnya akan meminta pengguna harus memindahkan potongan-potongan.

Aplikasi ini sebenarnya tidak menawarkan instruksi tentang apa yang harus dilakukan. Ada petunjuk yang dapat digunakan untuk mencari tahu, tetapi pengguna harus memastikan tidak menggunakannya semua hanya untuk mencari tahu permainan.


4. Peak


Aplikasi ini memiliki rating 4.7/5 dari lebih dari 140 ribu pengguna. Versi gratis hanya dilengkapi dengan sejumlah terbatas permainan yang tersedia. Namun, dengan berlangganan, pengguna mendapatkan akses ke semua 48 permainan, latihan Pro yang dipersonalisasi, dan pengalaman bebas iklan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1684 seconds (0.1#10.140)