Cara Mudah Bikin Grafik di Google Spreadsheet

Kamis, 22 Februari 2024 - 16:05 WIB
loading...
Cara Mudah Bikin Grafik di Google Spreadsheet
Google Spreadsheet sangat bermanfaat untuk membuat tabel, perhitungan sederhana, dan mengolah data. (Foto: The Verge)
A A A
JAKARTA - Google Spreadsheet atau Google Sheets sangat bermanfaat untuk membuat tabel, perhitungan sederhana, dan mengolah data, seperti Microsoft Excel namun lebih mudah diakses. Supaya lebih menarik, ada cara bikin grafik diagram di spreadsheet hingga visualisasi data lebih informatif dan menarik.

Salah satu fitur dalam Google Spreadsheet yaitu mengolah data dan membuat visualisasi menggunakan grafik atau diagram agar mudah dipahami oleh pembaca.

Berikut cara mudah untuk membuat diagram grafik di Google Spreadsheet:

1. Buka Google Spreadsheet


Langkah pertama buka Google Spreadsheet melalui akun Google. Jika belum memiliki akun, dapat membuatnya secara gratis.


2. Siapkan Data


Setelah masuk Google Spreadsheet, siapkan data yang ingin divisualisasikan dalam bentuk diagram grafik. Pastikan data tertata dengan baik di dalam spreadsheet.

3. Pilih Data yang Ingin Diatur


Selanjutnya, pilih data yang ingindigunakan untuk membuat diagram grafik.Pengguna dapat memblok seluruh atau sebagian area data yang akan dibuat grafik.

4. Klik Menu "Insert"


Setelah memilih data, klik menu "Insert" di bagian kiri atas lembar kerja Google Spreadsheet.


5. Pilih "Chart"


Di dalam menu "Insert", pilih opsi "Chart", itu akan membuka menu baru dengan berbagai jenis diagram grafik yang tersedia.

6. Pilih Jenis Diagram Grafik


Pilih jenis diagram grafik yang sesuai dengan data. Terdapat berbagai pilihan, seperti diagram batang, diagram lingkaran, dan diagram garis.

7. Sesuaikan Pengaturan


Sesuaikan pengaturan diagram grafik sesuai kebutuhan. Pengguna dapat menyesuaikan judul, label sumbu, warna, dan gaya lainnya untuk membuat diagram grafik lebih menarik.

8. Klik "Insert"


Selanjutnya, jika sudah puas dengan pengaturan diagram grafik, klik tombol "Insert" atau "Done" untuk menyisipkan diagram tersebut ke dalam lembar kerja Google Spreadsheet.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, pengguna bisa dengan mudah membuat diagram grafik yang informatif, menarik dan profesional di Google Spreadsheet. Jangan ragu untuk bereksperimen dengan berbagai jenis diagram grafik dan pengaturan untuk menemukan yang paling cocok untuk data kamu.

MG/Rihhadatul Aisy
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2050 seconds (0.1#10.140)