Terungkap, Ini Cara Rusia Tetap Dapat Layanan Starlink

Jum'at, 16 Februari 2024 - 19:34 WIB
loading...
A A A
Lontaran serupa juga disampaikan Kremlin. Mereka mengatakan bahwa terminal tersebut tidak disertifikasi untuk digunakan di, atau secara resmi disediakan kepada Rusia dan oleh karena itu tidak dapat digunakan.

Adapun Ukraina mengatakan bahwa perangkat komunikasi SpaceX tersebut digunakan oleh pasukan Rusia dalam invasi ke Ukraina. Andriy Yusov bahkan menyebut masalah tersebut sistemik. "Kasus penggunaan perangkat tersebut oleh Rusia telah tercatat. Ini mulai menjadi sistemik," ujarnya.

Disebutkan, Pasukan Pendarat Udara Garda Ke-83 Rusia termasuk yang menggunakan layanan tersebut di sekitar Klishchiivka dan Andriivka. Mereka yakin pasukan Rusia mampu memodifikasi terminal Starlink, membuatnya tampak beroperasi di wilayah yang diizinkan.

Pihak lain berspekulasi bahwa tentara Rusia mungkin telah mencuri terminal dari area Ukraina yang berada di wilayah yang diizinkan. Hingga saat ini, Starlink telah beroperasi di Ukraina, kecuali Crimea, karena Elon Musk ingin menghentikan Kyiv menargetkan kapal perang Rusia, dan menggunakan terminal tersebut untuk keperluan kemanusiaan bukan militer.
(msf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3369 seconds (0.1#10.140)