Facebook dan Instagram Turun Tangan Ajak Warga Nyoblos di Pemilu 2024

Rabu, 14 Februari 2024 - 13:45 WIB
loading...
Facebook dan Instagram Turun Tangan Ajak Warga Nyoblos di Pemilu 2024
Facebook dan Instagram ramaikan Pemilu 2024.. FOTO/ CNET
A A A
JAKARTA - Tak hanya Google yang ikut meriahkan Pemilu 2024, Facebook dan Instagram turut berpartisipasi dalam menyambut pesta 5 tahunan rakyat Indonesia.



Facebook hari ini menampilkan fitur khusus alert untuk memberitahu pengguna bahwa hari ini digelar Pemilu 2024. Jika pengguna membuka Facebook untuk pertama kalinya di hari ini, Facebook akan mengeluarkan tulisan, "Pemilihan Umum di Indonesia berlangsung hari ini!".

Fitur ini disertai dengan berapa jumlah orang yang membagikan Info Pemilu 2024. Tombol share dan tombol 'Lihat Info Pemilu' yang akan dilarikan ke situs resmi KPU.

Instagram pun ikut memeriahkan Pemilu 2024 hari ini. Mereka meluncurkan stiker Pemilu bergambar tangan memasukkan kertas suara ke kotak suara. Jika mau variasi lain, tinggal ketik 'Pemilu' di pencarian stiker untuk mencari pilihan stiker Pemilu lainnya.

Sebelumnya, jika Google Doodle itu diklik akan keluar berita-berita seputar Pemilu 2024. Selain itu, Google juga memberikan penjelasan mengenai Pemilu 2024 dari laman Wikipedia.

Pada pemilu kali ini, para pemilih akan memilih para anggota legislatif (DPRD kabupaten kota, provinsi, dan DPR RI) serta presiden dan wakil presiden secara bersamaan.

Ini adalah kedua kalinya Indonesia menggelar pemilu serentak setelah Pemilu 2019. Pemilu legislatif (pileg) dan pemilu presiden (pilpres) serentak tersebut adalah amanat dari Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 14/PUU-XI/2013.

Melalui putusan tersebut, pemilu serentak dinilai dapat menjadikan penyelenggaraan pemilu lebih efisien dan menghemat anggaran negara, walaupun argumen tersebut masih dapat diperdebatkan.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2129 seconds (0.1#10.140)