Cara Mudah Mengosongkan Google Drive, Pertama Temukan Sumber Memori yang Penuh

Selasa, 13 Februari 2024 - 18:00 WIB
loading...
Cara Mudah Mengosongkan Google Drive, Pertama Temukan Sumber Memori yang Penuh
Pengguna email Google kerap memanfaatkan jatah penyimpanan memori di Google Drive melebihi kapasitas gratis 15GB. (Foto: CNet)
A A A
JAKARTA - Para pengguna email Google kerap memanfaatkan jatah penyimpanan memori di Google Drive melebihi kapasitas gratis 15GB. Ada beberapa cara mudah untuk mengosongkan storage Google Drive.

Para pengguna dapat mengelola ruang penyimpanan dan mengosongkannya. Melansir dari berbagai sumber, Selasa (13/2/2024), berikut ini cara mengosongkan ruang penyimpanan Google Drive yang hampir penuh:

1. Menemukan sumber memori yang penuh


Pengguna harus tahu penyebab ruang penyimpanan cepat terisi, seperti foto, lampiran, atau bahkan video. Untuk mengetahui apa yang menghabiskan ruang di Google Drive, pengguna dapat membuka halaman penyimpanan dengan mengklik https://www.google.com/settings/storage.

Pengguna bisa melihat diagram lingkaran yang menunjukkan berapa banyak ruang yang telah digunakan. Di halaman tersebut, pengguna juga akan melihat berapa banyak total penyimpanan yang dimiliki. Umumnya, file seperti foto yang lebih besar dari 2.048 x 2.048 piksel dan video berdurasi lebih dari 15 menit akan memakan banyak ruang penyimpanan.


2. Kosongkan Google Drive


Cara mengosongkannya dengan klik https://www.google.com/drive/ dan klik My Drive > klik tombol List view di sudut kanan atas.

Pengguna akan melihat file Google Drive dalam bentuk daftar dan diurutkan berdasarkan nama folder. Untuk mengurutkan file sesuai dengan ukurannya, pada sudut kiri bawah layar pengguna akan melihat jumlah ruang penyimpanan yang digunakan dan tautan yang berbunyi "Beli lebih banyak ruang penyimpanan".

Arahkan kursor ke area ini hingga kotak dengan rincian penyimpanan Drive muncul. Di bagian atas daftar, pengguna akan melihat tombol Drive. Klik tombol tersebut.

Folder Drive pengguna akan langsung diurutkan berdasarkan kuota yang digunakan atau ukuran file dan pengguna dapat mulai menghapus file dengan ukuran lebih besar untuk mengosongkan ruang.

Jika pengguna memiliki file PDF yang tidak ingin dihapus, pengguna dapat menyimpannya dan mengosongkan ruang dengan mengonversinya ke Google Doc atau Spreadsheet. Caranya, klik kanan pada file PDF > klik Open with > pilih Google Doc dan menu.

Google Doc baru dengan nama sesuai file PDF akan terbuka dan pengguna dapat menghapus file PDF lama.

Setelah menghapus file dari Drive, pengguna harus mengosongkan folder Sampah (Trash).
Klik Trash > pilih file yang ingin dihapus permanen > klik kanan > pilih Delete forever.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1482 seconds (0.1#10.140)