Penting! Ini Cara Mengkalibrasi Google Maps agar Tak Tersesat

Selasa, 30 Januari 2024 - 18:05 WIB
loading...
Penting! Ini Cara Mengkalibrasi Google Maps agar Tak Tersesat
Sebelum hadirnya Google Maps dan aplikasi serupa, manusia sangat mengandalkan peta untuk bepergian. (Baca Juga: The Sun)
A A A
JAKARTA - Cara mengkalibrasi Google Maps sangat penting untuk diketahui agar mendapatkan titik yang akurat dan sampai ke lokasi tujuan dengan cepat tanpa tersesat.

Sebelum hadirnya Google Maps dan aplikasi serupa, manusia sangat mengandalkan peta untuk bepergian. Cara lainnya adalah sering-sering bertanya ke orang untuk memberi petunjuk ke alamat yang dituju. Namun, kini dunia sudah benar-benar ada dalam genggaman. Tak perlu lagi cara konvensional untuk sampai ke lokasi tujuan.

Hanya saja perlu diingat banyak kasus orang tersesat lantaran arahan Google Maps yang tak akurat. Beberapa kasus bahkan sempat viral lantaran pengguna diarahkan menuju kuburan atau jalan buntu. Penyebabnya beragam, bisa jadi karena pengguna belum tahu cara mengkalibrasi Google Maps.

Dilansir dari Pocket-Lint, Selasa (30/1/2024), sebelum membahas lebih jauh tentang cara mengkalibrasi Goolgle Maps hal pertama yang harus diketahui adalah memahami pentingnya kalibrasi. Mengkalibrasi Google Maps penting untuk meningkatkan akurasi data lokasi. Hal ini pada gilirannya sangat penting untuk navigasi yang efektif dan mendapatkan petunjuk tepat.

Ponsel pintar menentukan lokasi pengguna tidak secara ajaib, melainkan menggunakan GPS, Wi-Fi, dan jaringan seluler. Sialnya, halangan seperti gedung tinggi di perkotaan, pohon besar, perbukitan, hujan lebat, kepadatan manusia, atau berada di bawah tanah dapat mengganggu sinyal-sinyal ini, menyebabkan posisi yang tidak akurat.



Ketika Google Maps tidak dikalibrasi, pengguna mungkin menghadapi masalah seperti petunjuk belok yang salah. Masalah lainnya, yang berpotensi muncul adalah titik lokasi pengguna tidak akurat di peta. Kalibrasi memastikan aplikasi memberikan panduan navigasi yang akurat dan berguna.

Pengaturan lokasi yang benar di Google Maps


Sebelum mengkalibrasi Google Maps, pastikan juga layanan lokasi diatur dengan benar di Google Maps, jadi periksa izin pada ponsel. Ini langkah penting, karena menentukan apakah aplikasi dapat menggunakan lokasi Anda dan seberapa akurat dapat memeriksa di mana pengguna berada.

Cara mengaktifkan penggunaan lokasi Google Maps di Android


Buka aplikasi Pengaturan.

Sentuh menu Lokasi.

Di bagian atas menu, pastikan tombol Lokasi sudah diaktifkan.

Di bawah tombol, cari Google Maps di antara aplikasi terbaru yang menggunakan lokasi.

Jika tidak ada, Anda juga bisa menemukannya dengan mengetuk Izin lokasi aplikasi dan memeriksa daftar lengkap.

Dalam pengaturan akses lokasi, pilih Izinkan sepanjang waktu atau Izinkan saat menggunakan aplikasi.

Di bawahnya, Anda akan menemukan tombol Gunakan lokasi yang tepat. Pastikan juga sudah diaktifkan.


Cara Mengaktifkan Penggunaan Lokasi Google Maps di iOS


Buka aplikasi Pengaturan.

Sentuh menu Privasi & Keamanan.

Kemudian sentuh Layanan Lokasi.

Pastikan tombol Layanan Lokasi diaktifkan.

Di bawah, Anda akan melihat daftar semua aplikasi yang dapat mengakses lokasi. Cari Google Maps dalam daftar dan sentuh pada itu.

Pada menu Izinkan Akses Lokasi, pilih Antara Selalu atau Saat Menggunakan Aplikasi.

Di bawahnya, Anda akan menemukan tombol Lokasi Tepat. Pastikan itu diaktifkan.

Cara Cepat Mengkalibrasi Google Maps


Jika mengalami masalah dengan lokasi, aktifkan kemampuan mengkalibrasi kompas ponsel, baik iPhone maupun Android.

Di iPhone, buka Pengaturan > Privasi > Layanan Lokasi > Layanan Sistem dan aktifkan Kalibrasi Kompas (hijau).

Untuk Android, buka Pengaturan, pastikan Lokasi aktif, pilih Peningkatan Akurasi (atau pada ponsel Pixel, buka Pengaturan > Layanan Lokasi > Akurasi Lokasi Google > Peningkatan Akurasi Lokasi) dan aktifkan pemindaian Wi-Fi dan Bluetooth dengan menggeser slider mereka menjadi biru/aktif.


Lakukan angka 8 di Google Maps


Untuk mengkalibrasi posisi, buka aplikasi Google Maps dan mulai menggerakkan dalam pola angka delapan. Ini akan memicu reset kompas ponsel. Cukup dengan menelusuri pola angka delapan sebanyak 3 hingga 5 kali untuk mengkalibrasi posisi. Proses ini berhasil jika Anda mendapatkan penanda lokasi dengan kerucut yang sempit di depannya saat melihat aplikasi Google Maps lagi.

Cara Mengkalibrasi Google Maps menggunakan Live View


Jika berada di daerah perkotaan, pengguna akan memiliki kemampuan untuk mengkalibrasi posisi Google Maps menggunakan fitur Live View.

Buka aplikasi Google Maps.

Sentuh penunjuk lokasi Anda (titik biru yang menunjukkan di mana Anda berada).

Pada menu lokasi, pilih Kalibrasi.

Pindai sekitar Anda dengan fitur Live View .

Setelah pemindaian, Google Maps akan dikalibrasi dan memberi tahu persis di mana Anda berada dan ke arah mana Anda menghadap.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1115 seconds (0.1#10.140)