10 Kelebihan dan Kekurangan Yandex, Mesin Pencari Saingan Google yang Mengejutkan

Sabtu, 27 Januari 2024 - 08:11 WIB
loading...
10 Kelebihan dan Kekurangan Yandex, Mesin Pencari Saingan Google yang Mengejutkan
Kelebihan dan kekurangan Yandex, mesin pencari saingan Google, menarik untuk dipahami. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Yandex merupakan salah satu mesin pencari yang menjadi favorit banyak orang. Berasal dari Rusia, kompetitor Google ini telah menemukan banyak pengguna di luar negara asalnya, termasuk Indonesia sendiri.

Secara global, Yandex memang belum bisa mengalahkan Google dalam statusnya sebagai search engine. Namun, popularitasnya terus mengalami kenaikan seiring waktu.

Melihat banyak faktor, ada beberapa alasan yang menjadikan Yandex cukup disukai orang-orang. Salah satunya adalah memiliki banyak fitur menarik dan aksesnya yang terbilang lebih terbuka dibanding para kompetitornya.

Kelebihan dan Kekurangan Yandex

Terlepas dari popularitasnya, Yandex sendiri punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut di antaranya yang bisa disimak.

Kelebihan Yandex

1. Navigasi yang Mudah dan Praktis

Pada statusnya sebagai mesin pencari, Yandex menyediakan akses yang mudah. Navigasinya dibuat sederhana agar pengguna tidak merasa kesulitan ketika mengoperasikannya.

Pada halaman utama Yandex, telah tersedia sejumlah tab yang bisa dipilih. Misalnya, seperti gambar, video, peta, dan lain sebagainya. Nantinya, pengguna hanya perlu mengklik salah satu tab sesuai dengan topik yang dicari. Kelebihan ini membuat pengguna Yandex merasa lebih praktis dalam mendapatkan berbagai informasi dengan satu platform.

2. Punya Algoritma Sendiri

Yandex diketahui memiliki algoritma pengindeksan sendiri. Hal ini sebenarnya terbilang langka jika dibandingkan platform mesin pencari lainnya. Algoritma yang dirancang sendiri diklaim bisa membuat hasil pencarian pada Yandex menjadi lebih relevan dengan pengguna. Alhasil, informasi yang didapat pengguna jauh lebih baik dibanding menggunakan mesin pencari lainnya.

3. Tampilan yang Menarik

Bicara tampilan, mungkin orang-orang punya pandangannya sendiri karena didasarkan pada selera. Namun, Yandex memang banyak dikatakan memiliki tampilan user (user interface) yang lebih menarik dari para kompetitornya, termasuk Google.

Aspek ini tentu menjadi satu poin tambah bagi Yandex ketika bersaing dengan para kompetitor. Singkatnya, bersama tampilannya yang keren, pengguna akan tertarik untuk lebih sering menggunakannya.

4. Fitur yang Beragam

Yandex juga memiliki beragam fitur dan fasilitas yang cukup lengkap. Melalui mesin pencari ini, pengguna tak hanya bisa sebatas mencari informasi mengenai topik tertentu.

Melalui berbagai fiturnya, pengguna bisa menjelajahi lebih dalam terkait topik yang diinginkan. Hal ini bisa dilakukan karena memang akses Yandex yang lebih terbuka daripada mesin pencari lain.

5. Layanan Online

Yandex memiliki berbagai layanan online. Misalnya seperti email, penyimpanan cloud hingga agregator berita. Meski terkesan sederhana, layanan ini berkontribusi pada ekosistem daring yang terintegrasi. Alhasil, pengguna bisa selalu terhubung dengan berbagai kegiatan yang dilakukannya.

Kekurangan Yandex

1. Gangguan Bahasa

Sebagian besar pengguna Yandex berasal dari negaranya sendiri, yaitu Rusia. Maka dari itu, cukup lazim apabila platform ini juga menggunakan bahasa Rusia.

Namun, aspek tersebut dapat menjadi hambatan tersendiri bagi pengguna di luar Rusia. Sebenarnya, Yandex punya fitur translate otomatis ke berbagai bahasa, namun performanya masih kurang akurat.

2. Loading Berat

Pada beberapa kasus, pengguna mengeluhkan akses loading Yandex yang terasa cukup berat. Kekurangan ini bisa mengurangi kenyamanan pengguna ketika menjelajah internet.

3. Rentan Virus Berbahaya

Di satu sisi, akses terbuka dari Yandex memang punya kelebihan. Namun, tetap saja ada bahaya yang mengintai dari keterbukaan tersebut. Ketika menyelami internet lebih jauh, ada potensi bahaya dari keberadaan virus seperti malware. Sebagai informasi, masalah ini dapat membahayakan data dan privasi pengguna.

4. Hasil Pencarian Kurang Lengkap dari Google

Di satu sisi, Yandex mungkin bisa mengarahkan pencarian agar menjadi lebih relevan dengan kemauan pengguna. Namun, hasilnya belum selengkap yang dimiliki Google.


5. Banyak Konten Spam

Kekurangan ini sebenarnya tidak hanya terlihat pada Yandex, melainkan pada Google dan lainnya pula. Biasanya, ada banyak konten yang mengandung spam, seperti iklan yang menyesatkan hingga virus berbahaya.

Itulah deretan kelebihan dan kekurangan yang dimilikiYandex.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1225 seconds (0.1#10.140)