5 Aplikasi Transportasi Umum Anti Tersesat di Jakarta

Rabu, 24 Januari 2024 - 13:00 WIB
loading...
5 Aplikasi Transportasi Umum Anti Tersesat di Jakarta
Ada banyak aplikasi transportasi umum untuk memandu perjalanan di Jakarta. (Foto: Transjakarta)
A A A
JAKARTA - Keliling Jakarta tanpa tersesat di jalan, kini sudah bisa terwujudkan melalui berbagai aplikasi transportasi umum. Sebelum ada aplikasi tersebut, tersesat menjadi hal jamak bagi para pelancong di Jakarta.

Hal itu lantaran kota metropolitan ini memiliki luas wilayah sangat besar dan mobilitas penduduknya sangat tinggi. Oleh karena itu, transportasi umum menjadi salah satu moda yang sangat penting di Jakarta.

Namun, bagi para pendatang, menggunakan transportasi umum di Jakarta terkadang bisa menjadi hal yang membingungkan karena banyaknya rute dan moda transportasi yang tersedia.

Untuk mengatasi hal tersebut, kini sudah banyak tersedia aplikasi transportasi umum yang dapat membantu penggunanya untuk menemukan rute dan jadwal transportasi umum yang tepat.


Berikut 5 aplikasi transportasi umum agar tidak tersesat di Jakarta:

1. Google Maps


Google Maps menjadi aplikasi peta yang sudah sangat populer di dunia. Lantaran sudah tersemat langsung di ponsel, Google Maps menjadi opsi paling praktis. Aplikasi ini juga menyediakan fitur transportasi umum yang dapat membantu pengguna untuk menemukan rute transportasi umum dari berbagai moda, mulai dari bus, KRL, MRT, dan MRT. Selain itu, aplikasi ini juga dapat menampilkan perkiraan tarif, hingga perkiraan waktu tiba.

Sayangnya, Google Maps tidak dapat memberikan informasi terkait lokasi transportasi umum secara real time. Namun, aplikasi besutan Google ini masih dapat diandalkan untuk mencari informasi terkait transportasi umum yang jadwalnya sudah pasti, seperti LRT, KRL dan MRT.

2. Moovit


Tak jauh berbeda dari Google Maps, Moovit juga memiliki fitur serupa, namun lebih lengkap. Selain informasi umum seperti lokasi stasiun, halte, tarif, dan rute semua jenis angkutan umum, Moovit juga dapat memberikan saran perjalanan, estimasi tarif, dan perkiraan waktu tiba.

Fitur andalan Moovit terletak pada kemampuannya yang mampu melacak lokasi kendaraan umum secara real time. Fitur ini memungkinkan penumpang untuk memperkirakan kapan kendaraan tersebut tiba. Namun, fitur ini tidak selalu akurat dan tidak berlaku untuk seluruh angkutan umum.


3. JakLingko


JakLingko menjadi aplikasi transportasi umum yang dikembangkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Aplikasi ini dapat menampilkan rute dan jadwal transportasi umum yang terintegerasi dalam JakLingko, mulai dari MRT, LRT, KAI Commuter, Transjakarta hingga Grab secara real time.

Aplikasi ini cocok untuk yang ingin bertransaksi transportasi dengan mudah, hemat, dan efisien. Dengan aplikasi ini, bisa melakukan pembayaran tiket perjalanan dengan QR code, Fello, maupun OVO hanya dengan waktu singkat.

4. Tije


Aplikasi Tije menjadi aplikasi transportasi umum yang dikembangkan khusus untuk pengguna TransJakarta, sehingga memiliki fitur yang lengkap dan disesuaikan dengan kebutuhan pengguna angkutan umum.

Aplikasi ini dapat membantu pengguna untuk menemukan rute TransJakarta yang tepat, jadwal, hingga posisi terkini armada TransJakarta. Selain itu, pengguna juga dapat membayar tarif TransJakarta secara non-tunai, dan membeli tiket TransJakarta secara daring dengan mudah dan praktis.

5. KRL Access


KRL Access sebagai aplikasi transportasi umum yang dikembangkan oleh PT. Kereta Commuter Indonesia (KCI) dapat menampilkan informasi mengenai rute dan jadwal KRL di Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi secara real time. Informasi yang ditampilkan meliputi kepadatan stasiun, jumlah tarif, waktu kedatangan, dan pembayaran tiket KRL secara non-tunai.

Itulah 5 rekomendasi aplikasi yang dapat diunduh ketika ingin menggunakan transportasi umum. Dengan menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut dapat dengan mudah menemukan rute dan jadwal transportasi umum yang tepat. Hal ini tentu saja dapat membantu kamu untuk menghindari tersesat saat menggunakan transportasi umum di Jakarta

MG/Dinda Amelia Putri
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2798 seconds (0.1#10.140)
pixels