Cara Cek Kualitas Udara Online, Penting untuk Hindari Polusi Udara

Jum'at, 01 September 2023 - 21:00 WIB
loading...
Cara Cek Kualitas Udara Online, Penting untuk Hindari Polusi Udara
Polusi udara tengah melanda wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. (Foto: Dok SINDOnews)
A A A
JAKARTA - Cara cek kualitas udara online penting diketahui. Pasalnya, langit Jakarta terlihat kelabu yang menandakan sedang dilanda polusi udara cukup parah.

Kondisi tersebut tentu mengkhawatirkan untuk masyarakat yang beraktivitas di luar ruangan. Selain menggunakan masker ketika berada di luar ruangan untuk perlindungan, masyarakat juga dapat cek kualitas udara online.

Mengecek kualitas udara menjadi penting untuk merencanakan kegiatan di luar rumah. Pengecekan indeks kualitas udara dilakukan untuk mengetahui informasi kualitas udara serta polusi udara di suatu wilayah.

Kualitas udara di suatu wilayah disesuaikan dengan Indeks Kualitas Udara atau Air Quality Index (AQI). Perhitungan AQI tersebut didasarkan pada 6 polutan udara yang diukur dalam rumus indeks, seperti PM2.5, PM10, karbon monoksida, sulfur dioksida, nitrogen dioksida, ozon permukaan tanah.



Perhitungan polutan tersebut menghasilkan skor dari skala 0-500 sebagai standar penilaian. Skor 0-50 mengindikasikan kualitas udara yang bagus; skor 51-100, kualitas udara sedang; skor 101-150, kualitas udara tidak sehat untuk kelompok sensitif; skor 151-200, kualitas udara tidak sehat; skor 201-300, kualitas udara sangat tidak sehat; dan, skor 301 ke atas mengindikasikan kualitas udara membahayakan.

Cara mengecek indeks kualitas udara dapat dilakukan secara online melalui laman situs IQAir atau aplikasi AirVisual yang dikembangkan oleh IQAir. Berikut cara cara cek kualitas udara online:



1. Buka laman iqair.com/aplikasi AirVisual di smartphone

2. Pastikan pengguna sudah memberi izin untuk mengakses fitur GPS
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6142 seconds (0.1#10.140)