Teknologi Elektromagnet, Rahasia di Balik Kecepatan Tinggi Roller Coaster

Selasa, 02 Januari 2024 - 18:00 WIB
loading...
A A A
Metode peluncuran ini akan digunakan dalam berbagai roller coaster hingga pertengahan tahun 1990an ketika elektromagnet mulai populer. Roller coaster hidrolik modern tercepat di dunia adalah Formula Rossa, yang dapat mencapai lebih dari 370 kilometer per jam.

Demikian pula, peluncur udara terkompresi atau Air Launch Coaster yang dikembangkan oleh S&S Worldwide menggunakan udara untuk mendorong roller coaster, dengan peluncuran tercepat di Amerika Utara saat ini menggunakan teknologi ini di Maxx Force Six Flags, yang seperti Formula Rossa bertujuan memberikan sensasi seperti meluncur dengan mobil Formula 1 kepada para penumpang.

Teknologi roller coaster telah jauh melampaui awalnya yang sederhana. Banyak roller coaster pada awal 1900an menggunakan rangka kayu yang tidak mampu untuk loop dan konfigurasi rel yang lebih kompleks. Baru pada 1940an taman hiburan mulai menggunakan baja dalam roller coaster. Pada tahun 1959, Disneyland adalah taman pertama yang mulai menggunakan rel baja tabung, yang membuka dunia kemungkinan bagi para insinyur.

Tahun 1996 menjadi momen pertama peluncur yang dipacu elektromagnet digunakan dalam roller coaster. Hal ini berkat Flight of Fear di Kings Island dan Kings Dominion, yang memiliki motor LIM pertama yang pernah digunakan dalam roller coaster. Jenis ini termasuk Catapult Falls di SeaWorld San Antonio, yang bertujuan menjadi roller coaster peluncuran pertama.

Roller coaster baru lainnya adalah Cedar Point Top Thrill 2, yang akan menggunakan Lightning Launch, dikembangkan oleh Zamperla Roller Coasters. Top Thrill 2 akan meluncur beberapa kali, dengan peluncuran ketiga pada kecepatan puncak roller coaster yaitu 120 mil per jam. Kedua roller coaster baru ini dijadwalkan diluncurkan pada 2024.
(msf)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1361 seconds (0.1#10.140)