Teknologi Elektromagnet, Rahasia di Balik Kecepatan Tinggi Roller Coaster

Selasa, 02 Januari 2024 - 18:00 WIB
loading...
Teknologi Elektromagnet, Rahasia di Balik Kecepatan Tinggi Roller Coaster
Rahasia gerak roller coaster terletak pada elektromagnet dari kawat konduktif yang dililitkan di sekitar logam dengan arus listrik. (Foto: Web MD)
A A A
JAKARTA - Penggemar taman hiburan pasti ingin merasakan sensasi roller coaster. Namun, belum banyak yang tahu cara kerja serta teknologinya.

Rahasia gerak roller coaster terletak pada elektromagnet terbuat dari kawat konduktif yang dililitkan di sekitar logam dengan arus listrik. Proses ini menimbulkan medan magnetik di sepanjang logam, yang kemudian dapat digunakan untuk mendorong roller coaster sepanjang rel menggunakan gaya lawan dari medan tersebut.

Dilansir dari Slash Gear, Selasa (2/1/2024), teknologi ini memungkinkan roller coaster mencapai kecepatan tinggi dalam waktu singkat tanpa bagian yang bergerak, mengurangi keausan. Roller coaster magnetik menjadi sistem roller coaster yang paling banyak digunakan di taman hiburan di seluruh dunia. Meski begitu, teknologi baru selalu ditemukan, dan para insinyur terus meningkatkan teknologinya.

Sistem roller coaster elektromagnetik menggunakan medan magnet yang diinduksi secara elektrik dengan dua jenis motor, yaitu induksi linear (LIM) dan sinkron linear (LSM). Roller coaster yang ditenagai oleh teknologi elektromagnetik memiliki sirip logam di rel yang sejajar dengan sirip di kereta melewati satu sama lain dengan celah kecil.



Perbedaan utama antara peluncur LIM dan LSM terletak pada cara kerja arus elektromagnetik. Peluncur LIM menggunakan logam magnetik non-direksional dengan dipol pada lokasi acak. Kedua medan magnetik menghasilkan apa yang dikenal sebagai arus Eddy menimbulkan medan lawan ketika kereta melewati sirip rel, mendorong kereta sepanjang rel dengan kecepatan tinggi.

Coaster LSM, menggunakan magnet pada kereta yang dikendalikan oleh sistem terkomputerisasi. Magnet ini membuat peluncur coaster LSM menjadi tipe yang lebih disukai dalam sebagian besar roller coaster saat ini karena kemampuannya untuk menggunakan perintah program untuk memperlambat, mengurangi kecepatan, atau bahkan bergerak mundur menggunakan teknologi yang sama.

Coaster LSM lebih mahal dan memerlukan lebih banyak daya daripada roller coaster LIM. Meskipun mungkin terlihat membingungkan dan penuh dengan istilah fisika, roller coaster peluncuran modern pada dasarnya adalah dua arus magnetik yang saling tertarik dan didorong menjauh satu sama lain sehingga memungkinkan kereta bergerak tanpa harus memiliki roda yang berkontak dengan rel.



Jenis peluncur lainnya, yaitu roller coaster peluncuran hidrolik dan roller coaster peluncuran udara terkompresi. Seperti namanya, roller coaster hidrolik menggunakan cairan hidrolik dalam tangki bersama dengan kabel dan motor hidrolik untuk mendorong kereta roller coaster sepanjang rel.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1674 seconds (0.1#10.140)