Pembatasan Windows 11, Jutaan Komputer Terancam Jadi Sampah

Sabtu, 23 Desember 2023 - 21:23 WIB
loading...
Pembatasan Windows 11, Jutaan Komputer Terancam Jadi Sampah
Pembatasan pengoperasian Windows 11 diperkirakan menyebabkan 240 juta komputer berakhir di tempat pembuangan sampah. (Foto: Techspot)
A A A
JAKARTA - Kebijakan pembatasan pengoperasian Windows 11 diperkirakan menyebabkan 240 juta komputer berakhir di tempat pembuangan sampah.

Melansir Techspot, Sabtu (23/12/2023), para peneliti teknologi dari Canalys memperingatkan 240 juta PC bisa berakhir di tempat pembuangan sampah setelah Microsoft mengakhiri dukungan untuk Windows 10. Hal ini imbas dari persyaratan perangkat keras Windows 11 yang ketat sejak diluncurkan pada akhir 2021.

Awalnya, Microsoft memperingatkan tentang masalah kompatibilitas, yang tidak berjalan dengan baik, dan pengguna mencari cara untuk menghindari pemeriksaan perangkat keras. Kondisi ini menimbulkan kekhawatiran lebih lanjut karena Windows 10 mendekati status end-of-life (EOL).

Reuters memperkirakan tumpukan sampah komputer usang tersebut akan setara dengan 480 juta kilogram sampah elektronik. Untuk perspektif, ditambahkan bahwa tumpukan seperti itu setara dengan sekitar 320 ribu unit mobil.



"Keputusan Microsoft akan memperburuk masalah sampah elektronik industri dan menyoroti peran vendor OS dalam memungkinkan model IT yang bersifat sirkular," kata peneliti Canalys.

Windows 11 dari Microsoft seharusnya membantu mendukung pasar PC yang sedang kesulitan saat pelanggan bersiap untuk siklus pembaruan lainnya - tetapi penghentian dukungan untuk Windows 10 bisa mencegah ratusan juta perangkat mendapatkan kehidupan kedua, meninggalkan banyak yang berpotensi berakhir di tempat pembuangan sampah.

Namun, perkiraan 240 juta komputer akan berakhir di tempat sampah pada 2025 mungkin sedikit berkurang. Lantaran Microsoft telah mengumumkan akan menawarkan pembaruan keamanan tambahan untuk Windows 10 hingga 2028.

Tentu saja, melanjutkan cakupan EOL tidak gratis atau murah. Hanya sebagian kecil pelanggan dengan PC usang, terutama bisnis, yang akan membayar untuk itu. Microsoft juga akan mendapatkan keuntungan dari permintaan yang diperbarui untuk Windows 11 yang dibawa oleh penutupan Windows 10.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6034 seconds (0.1#10.140)