Cara Mempercepat Wi-Fi Agar Lebih Lancar

Jum'at, 15 Desember 2023 - 11:25 WIB
loading...
Cara Mempercepat Wi-Fi Agar Lebih Lancar
Cara mempercepat Wi-Fi agar lebih lancar penting untuk dipahami. Foto: Telkomsel
A A A
JAKARTA - Cara mempercepat Wi-Fi agar lebih lancar bisa membantu pengguna lebih cepat mengerjakan tugas atau pekerjaan mereka. Ini penting bagi mereka yang banyak bekerja di rumah (WFH). Terkadang, Wi-Fi di rumah menjadi lambat. Penyebabnya bisa beragam. Bisa karena problem dari operator, atau malah karena terlalu banyak dipakai.

Nah, berikut adalah cara mempercepat Wi-Fi agar lebih lancar yang bisa langsung dipraktekkan:

Pastikan router Anda berada di tempat yang tepat

Router harus ditempatkan di tempat yang terbuka dan tidak terhalang oleh benda-benda lain, seperti dinding, furnitur, atau perangkat elektronik lainnya. Hal ini akan membantu memastikan sinyal Wi-Fi dapat menyebar dengan lancar.

Pastikan router menggunakan firmware terbaru
Cara Mempercepat Wi-Fi Agar Lebih Lancar

Firmware router biasanya berisi peningkatan performa dan keamanan. Periksa apakah ada pembaruan firmware yang tersedia untuk router Anda. Jika ada, perbarui firmware router Anda.

Gunakan frekuensi Wi-Fi yang optimal

Router biasanya mendukung beberapa frekuensi Wi-Fi, yaitu 2,4 GHz dan 5 GHz. Frekuensi 2,4 GHz memiliki jangkauan yang lebih luas, tetapi kecepatannya lebih lambat daripada frekuensi 5 GHz. Frekuensi 5 GHz memiliki jangkauan yang lebih pendek, tetapi kecepatannya lebih cepat.

Ubah pengaturan router

Ada beberapa pengaturan router yang dapat Anda ubah untuk meningkatkan performa Wi-Fi. Misalnya, Anda dapat mengubah pengaturan bandwidth, kanal, dan keamanan.

Jauhkan perangkat dari router

Perangkat yang terlalu dekat dengan router dapat mengganggu sinyal Wi-Fi. Jauhkan perangkat dari router, terutama perangkat yang menggunakan banyak bandwidth, seperti game dan streaming.

Nonaktifkan fitur yang tidak digunakan

Fitur-fitur yang tidak digunakan, seperti Bluetooth dan Wi-Fi, tetap menggunakan daya baterai, bahkan saat tidak digunakan. Nonaktifkan fitur-fitur ini saat tidak digunakan untuk menghemat daya baterai dan meningkatkan performa Wi-Fi.

Periksa kecepatan internet Anda

Jika Anda telah mencoba semua langkah di atas dan Wi-Fi Anda masih lambat, mungkin ada masalah dengan koneksi internet Anda. Periksa kecepatan internet Anda dengan menggunakan layanan tes kecepatan internet. Jika kecepatan internet Anda tidak sesuai dengan yang Anda bayarkan, hubungi penyedia layanan internet Anda.


Berikut adalah beberapa tips tambahan untuk membantu mempercepat Wi-Fi agar lebih lancar:

1. Gunakan perangkat yang mendukung Wi-Fi 5 GHz

Perangkat yang mendukung Wi-Fi 5 GHz akan dapat memanfaatkan kecepatan Wi-Fi yang lebih cepat.

2. Gunakan repeater atau extender Wi-Fi

Repeater atau extender Wi-Fi dapat membantu memperluas jangkauan Wi-Fi.

3. Ganti router Anda

Jika router Anda sudah lama, mungkin sudah saatnya untuk menggantinya dengan router yang lebih baru danlebihcepat.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6763 seconds (0.1#10.140)