Waspada Quishing, Modus Penipuan Lewat Kode QR yang Bisa Kuras Rekening Korban

Senin, 11 Desember 2023 - 18:13 WIB
loading...
Waspada Quishing, Modus Penipuan Lewat Kode QR yang Bisa Kuras Rekening Korban
Quishing merupakan modus penipuan online yang memanfaatkan kode QR. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Quishing mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang. Istilah tersebut merujuk kepada modus penipuan online yang menggunakan kode QR.

Pada perkembangannya, kode QR telah menjadi salah satu metode pembayaran transaksi yang populer. Salah satu alasannya tak lain karena sifatnya yang mudah dan praktis.

Terlepas dari manfaatnya yang beragam, kode QR ternyata juga memiliki bahaya. Beberapa waktu lalu, perusahaan besar di AS sempat menjadi sasaran penipuan kode QR.

Pada penyebutannya, analis keamanan menyematkan istilah ‘quishing’ untuk modus penipuan tersebut. Lebih jauh, apa itu sebenarnya quishing?

Apa Itu Quishing?


Singkatnya, quishing merupakan modus penipuan online yang memanfaatkan kode QR. Istilahnya sendiri berasal dari penggabungan kata "kode QR" dan "phishing".



Dalam aksinya, pelaku quishing menyasar para korban untuk mendapatkan akses atau informasi pribadi yang rinci. Jika sampai terpancing, data-data penting bisa bocor dan berakibat hal-hal buruk, termasuk kehilangan uang dalam rekening.

Melihat cara kerja phising, pelaku akan memancing korban untuk mengunduh atau mengklik sesuatu yang biasanya sudah disusupi malware. Sedikit bedanya, mereka memanfaatkan kode QR pada aksi penipuan quishing.

Cara Kerja Quishing


Sedikit dijelaskan di atas, quishing adalah serangan phising yang memanfaatkan kode QR. Mengutip laman SoSafe, pelaku akan memanipulasi kode QR yang mengarahkan calon korban ke situs web tertentu.

Setelah itu, mereka akan diarahkan untuk mengunduh file berbahaya untuk mencuri data pribadi dan identitas penting. Tak hanya itu, pelaku juga bisa mendapatkan akses terhadap perangkat korbannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2445 seconds (0.1#10.140)