Begini Cara Menangkal Informasi Hoaks Soal Pemilu Versi Kominfo

Jum'at, 08 Desember 2023 - 13:22 WIB
loading...
Begini Cara Menangkal Informasi Hoaks Soal Pemilu Versi Kominfo
Informasi hoax terkait Pemilu berdampak besar terhadap masyarakat, salah satunya mereka jadi mudah diadu domba. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Tentu saja ini hal yang selalu ada di setiap Pemilihan Umum (Pemilu) : ramainya penyebaran konten hoaks. Biasanya konten hoaks akan bernada negatif untuk menyerang satu sama lain.

Masalahnya, jika penyebaran hoaks ini dibiarkan bukan tidak mungkin akan menyebabkan dampak buruk di tengah masyarakat. Salah satunya adu domba dan perpecahan.

Untuk itu penting mengetahui cara menangkalnya. Melalui laman media sosialnya, Kominfo memaparkan sejumlah langkah untuk menangkal hoaks:

1. Cermati reputasi dari media yang memberikan informasi. Pilih yang netral dan berintegritas

2. Pahami konteks dari keseluruhan informasi, jangan hanya baca judulnya saja. Tapi, baca konteks atau keseluruhan informasi.

3. Selidiki dulu kebenaran informasinya. Tidak perlu menanggapi dengan cacian, cukup jangan sebarluaskan konten yang mengandung hoaks

4. Saring sebelum sharing, cek dulu kebenaran informasinya sebelum share ke orang lain

5. Pastikan informasi yang diterima berasal dari narasumber terpercaya. Jangan percaya juga dengan akun-akun yang tidak jelas.

Untuk diketahui, Kominfo sendiri mengajak masyarakat untuk turut serta dalam menjaga ruang digital dari penyebaran hoaks di tengah gelaran Pemilu 2024. “Ini guna mewujudkan Pemilu yang fair dan damai,” tulis keterangan mereka.


Kominfo menyebut, peran masyarakat sangat penting dalam mencegah penyebaran konten hoaks.

Selain itu juga masyarakat diimbau agar lebih berhati-hati saat menerima segala informasi mengingat di momen ini rawan penyebaran hoaks dimediasosial.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2603 seconds (0.1#10.140)