Tesla Garap Proyek Terbaru, Bangun Panel Surya Terbesar di Dunia

Rabu, 06 Desember 2023 - 06:55 WIB
loading...
Tesla Garap Proyek Terbaru, Bangun Panel Surya Terbesar di Dunia
Tesla merilis proyek baru yaitu instalasi panel surya atap terbesar di dunia di Texas. (Foto: TCD)
A A A
JAKARTA - Raksasa teknologi asal Amerika Serikat, Tesla, terus berinovasi untuk menghasilkan energi ramah lingkungan. Kali ini Tesla membangun instalasi panel surya atap terbesar di dunia di Texas Gigafactory.

Pabrik Tesla di Texas ke depan akan dilengkapi instalasi surya sebesar 30 megawatt. Menurut Power Engineering International, proyek ini melibatkan 70.000 panel surya di pabrik yang mencakup 10 juta kaki persegi.

Dilansir dari TCD, Rabu (6/12/2023), 30 megawatt adalah jumlah daya yang signifikan, cukup untuk mencetak lebih dari dua ton aluminium atau menyediakan listrik selama 36 bulan untuk rumah rata-rata di Amerika. Daya sebesar ini juga dapat menggerakkan lebih dari 100.000 mil perjalanan dengan mobil listrik.



“Fase konstruksi pertama telah selesai, sehingga pabrik dapat menggunakan 10 megawatt tenaga surya untuk produksi,” kata Logan Grant, manajer senior rekayasa pabrik, dalam presentasi tentang proyek tersebut.

"Ketika semuanya selesai, itu akan menjadi 30 megawatt, yang akan menjadi instalasi surya atap terbesar di dunia."

Rohan Patel, direktur global senior pengembangan bisnis dan kebijakan publik Tesla mengatakan, pabrik di Texas akan menjadi tempat pembuatan baterai pertama dalam skala besar serta pembuatan katoda pertama, yang merupakan bagian paling mahal dari baterai.



Proyek instalasi panel surya sebesar 30 megawatt ini adalah salah satu upaya Tesla menghadirkan sumber energi bersih di luar produksi kendaraan listrik.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1373 seconds (0.1#10.140)