Seoul Gunakan Robot untuk Bantu Siswa Belajar Bahasa Inggris

Rabu, 29 November 2023 - 15:15 WIB
loading...
Seoul Gunakan Robot untuk Bantu Siswa Belajar Bahasa Inggris
Para siswa belajar dengan robot Engkey di Sekolah Dasar Hagjeong di Daegu. (Foto: AP)
A A A
JAKARTA - Robot guru bahasa Inggris akan diperkenalkan ke sekolah dasar dan menengah di Seoul tahun depan untuk membantu para siswa.

Penggunaan robot dalam pendidikan bahasa Inggris diumumkan oleh Kantor Pendidikan Metropolitan Seoul sebagai bagian dari upaya untuk memperkuat mata pelajaran tersebut di sekolah umum.

“Robot guru bahasa Inggris, yang akan dikembangkan dengan perusahaan swasta, akan dipasok ke lima sekolah dasar dan menengah akan diuji coba pada bulan Maret tahun depan,” kata juru bicara Kantor Pendidikan Seoul dilansir Yonhap News Agency, Rabu (29/11/2023).

Robot berbasis kecerdasan buatan ini akan memiliki penampilan mirip dengan robot pelayan di restoran dan memiliki kemampuan untuk melakukan percakapan bahasa Inggris satu lawan satu dengan siswa. Robot akan bertindak sebagai guru pembantu di kelas dan menunjukkan percakapan bahasa Inggris seperti penutur asli.



Robot-robot tersebut juga akan menawarkan pembelajaran satu lawan satu yang disesuaikan, termasuk memperbaiki pelafalan siswa secara individual. Jika program ini sukses, kantor pendidikan akan memperluas distribusi robot guru bahasa Inggris.



Selain itu, akan memperluas penggunaan aplikasi obrolan suara (voice chatbot) dalam pendidikan mendengar dan berbicara bahasa Inggris serta pertukaran siswa lokal tanpa tatap muka dengan siswa asing. Aplikasi obrolan suara tersebut dapat diinstal di ponsel atau desktop individu, akan memungkinkan siswa berbincang-bincang bebas dengan perangkat lunak tentang topik yang dipilih oleh pengguna.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2129 seconds (0.1#10.140)